Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya: Recent submissions
Now showing items 301-320 of 548
-
Metode Beda Hingga Pada Kestabilan Persamaan Difusi Kompleks Dimensi Satu
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Pada naskah makalah ini dibahas pendekatan beda hingga pada persamaan difusi. Persamaan differensial parsial dan masalah syarat awal dan syarat batas merupakan pokok bahasan terapan matematika yang salah satunya diterapkan ... -
Perbandingan Metode Estimasi M dan Estimasi MM (Methode Of Moment) Pada Regresi Robust
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Analisis regresi merupakan suatu metode dalam statistika untuk mengetahui hubungan antara variabel dependen dengan variabel independen. Metode yang digunakan dalam estimasi parameter pada model tersebut adalah Metode ... -
Model Truncated Spatial Pada Data Tersensor
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Pada kasus tertentu seringkali ditemui data yang bernilai nol untuk sebagian observasi, dan sisanya memiliki nilai yang beragam. Data yang memiliki struktur tersebut dinamakan data tersensor. Dibutuhkan metode khusus ... -
Redefinisi Angka Menurut Prinsip Relativitas dan Konsekuensinya Terhadap Teori Bilangan
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Prinsip Relativitas menjadi buah bibir kalangan ilmiah bahkan sejak kali pertama dipublikasikan. Prinsip ini berlaku dalammekanika, kosmologi dan geometri. Generalisasinya tentu berlaku pula dalam matematika. Generalisasi ... -
Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Artikel ini merupakan hasil kajian meningkatkan kemampuan kamunikasi matematis siswa melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Kemampuan komunikasi adalah salah satu kemampuan matematika yang harus ... -
Penerapan Project-Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Aktivitas Belajar Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Project-based learning merupakan pembelajaran yang di dalamnya melibatkan tugas-tugas proyek. Tuntutan dari sebuah tugas proyek dalam pembelajaran matematika melalui project based learning adalah siswa dapat menyelesaikan ... -
Problem-Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Tulisan ini membahas tentang Problem-Based Learning dalam pembelajaran matematika. Problem-Based Learning atau pembelajaran berbasis masalah adalah suatu model pembelajaran yang menghadapkan siswa pada pembelajaran ... -
Metode PBL (Problem Based Learning) pada Pembelajaran Matematika dalam Mengembangkan Reasoning Habit dan Sense Making Peserta Didik
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana penerapan metode problem based learning pada pembelajaran matematika. Selain itu juga untuk mendeskripsikan (2) Bagaimana reasoning habit dan sense making peserta ... -
Pengembangan Online Test System Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Persiapan menghadapi Ujian Nasional berbantuan/berbasis komputer perlu dilakukan oleh sekolah agar siswa membiasakan diri dalam ujian berbantuan/berbasis komputer. Salah satu cara yang dapat dilakukan sekolah adalah ... -
Karakteristik Grup Yang Dibangun Oleh Matriks N X N Dengan Entri Bilangan Bulat Modulo P, P Prima
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini membahas konstruksi grup yang dibangun oleh matriks n x n dengan entri bilangan bulat modulo p, p prima. Studi pustaka dengan kajian teori dilakukan untuk mendapatkan penyelesaian pada penelitian ini. ... -
Eksperimen Pembelajaran Dengan Strategi Brain Based Learning dan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)The purpose of this research: (1) To examine the influence of Brain Based Learning and Problem Based Learning strategy toward student learning outcomes. (2) To examine the influence of critical thinking skills toward ... -
Peningkatan Partisipasi Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian tindakan kelas ini, dilakukan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian terdiri ... -
Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Sebagian besar masyarakat beranggapan bahwa IQ adalah kecerdasan yang dianggap paling penting karena selalu menjadi tolok ukur kecerdasan seseorang. Namun, pendapat ini semakin lama semakin pudar sejalan dengan suasana ... -
Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Kelas VIII di SMP Negeri Se-Kabupaten Klaten
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Tujuan penelitian ini, yaitu: untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran STAD dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini termasuk dalam penelitian ... -
Penerapan Pendekatan Open-Ended Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Artikel ini merupakan metode hasil kajian mengenai penerapan pendekatan open-ended dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Tujuan dari artikel ini untuk mengetahui bahwa pendekatan ... -
Implementasi Model Pembelajaran Matematika Knisley (MPMK) Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dan Respon Siswa Dalam Pembelajaran
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini diadakan karena kenyataan di lapangan (siswa kelas VII SMP Negeri 12 Bandung) menunjukkan kemampuan komunikasi matematis siswa yang rendah dan dapat dilihat dari rendahnya hasil tes pada bab sebelumnya ... -
Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Penerapan Lasswel Comunication Model
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika dengan penerapan Lasswel Communication Model pada siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan ... -
Pengaruh Strategi React Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) kontribusi strategi pembelajaran REACT terhadap hasil belajar matematika, (2) kontribusi tingkat minat belajar siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) interaksi antara ... -
Analisis Kesalahan Buku Paket Matematika Yang Berjudul “Contextual Teaching And Learning: Matematika Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4 Oleh Atik Wintarti, dkk” Serta Alternatif Penyelesaiannya.
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Tujuan dari penulisan artikel ini adalah 1) Untuk mengetahui apa saja kesalahan yang ada dalam buku teks matematika berjudul “CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING: MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/ MADRASAH TSANAWIYAH ...