Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya: Recent submissions
Now showing items 321-340 of 548
-
Kreativitas Open Ended Problem Siswa Kelas VIIIG SMPN 17 Malang
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Artikel ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan mendeskripsikan kreativitas siswa kelas VIII G SMPN 17 Malang pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 dengan masalah open ended. Data yang dikumpulkan berupa hasil ... -
Kreativitas Problem Posing Siswa Kelas VIII SMPN Malang
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian bertujuan mendeskripsikan kreativitas problem posing siswa kelasVIII. Subjek penelitian yaitu 32 siswa kelas VIII SMP N Malang pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Data yang dikumpulkan berupa hasil ... -
Pengaruh Realistic Mathematics Education Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) konstribusi pembelajaran matematika berbasis Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar, (2) konstribusi kemampuan komunikasi matematika siswa terhadap ... -
Penerapan Metode Pemecahan Masalah dengan Pendekatan Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Partisipasi Siswa pada Materi Bangun Ruang
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan partisipasi siswa pada materi bangun ruang dengan menggunakan metode pemecahan masalah dengan pendekatan reciprocal teaching. Materi bangun ... -
Pengembangan Media Permainan Balok Pecahan di Kelas IV Sekolah Dasar
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penggunaan media dalam pembelajaran matematika dapat membantu siswa memahami materi pelajaran.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development).Tujuan penelitian ini untuk ... -
Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Matematis pada Mata Kuliah Statistika Non Parametri
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan dan menganalisis: 1) Pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap prestasi belajar pada mata kuliah statistika non parametrik. 2).Pengaruh kemampuan pemahaman matematis ... -
Eksperimen Pembelajaran Matematika dengan Strategi Discovery Learning dan Inkuiri
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) kontribusi strategi pembelajaran Discovery Learning dan Inkuiri terhadap hasil belajar matematika. (2) kontribusi tingkat kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. ... -
Penggunaan Batang Persen untuk Menyelesaikan Permasalahan Tentang Persen
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)This study aims to figure out how percentage bar supports students in solving percentages problems: 1) students are able to compute the part of a whole while the percentage is given; 2) students are able to compute a ... -
Pengembangan Mobile Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Matriks Siswa SMK/SMA
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan mengembangkan suatu media pembelajaran berbasis ICT yang dapat diakses siswa menggunakan gadget/smartphone, agar siswa dapat mengulang kembali materi pelajaran kapan saja dan dimana saja dia ... -
Analisis Kasus Rendahnya Prestasi Belajar Matematika Siswa pada Materi Irisan Kerucut dan Solusi Pemecahannya di Kelas XI IA 2 SMA IT Nur Hidayah
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Materi irisan kerucut merupakan materi yang sudah lama tidak masuk ke dalam silabus, 10 tahun kemudian dimunculkan kembali pada kurikulum 2013.Pada kondisi lapangan, guru mengalami kesulitan dalam mengajarkan materi ... -
Proses Scaffolding Berdasarkan Diagnosis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Program Linear
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Diagnosis kesulitan menjadi hal yang penting bagi seorang guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Dengan melakukan diagnosis, guru dapat mengetahui letak dimana siswa mengalami kesulitan belajar khususnya dari ... -
Upaya Meningkatkan Sikap Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Problem Posing Dalam Setting Team-Assisted Individualization (TAI)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap kritis siswa melalui pembelajaran dengan pendekatan problem posing dalam setting Team-Assisted Individualization (TAI) di kelas XII IPA 1 SMAN 1 Gamping tahun pelajaran ... -
Meningkatkan Toleransi Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Guided Discovery Setting Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan toleransi siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan model guided discovery setting pembelajaran kooperatif tipe TPS pada kelas X MIPA 5 MAN Yogyakarta 3. Penelitian ini ... -
Kontribusi Self-Efficacy dan Kemampuan Komunikasi Matematis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi self-efficacy dan kemampuan komunikasi matematis terhadap prestasi belajar siswa kelas VI SD Diponegoro Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa ... -
Peningkatan Pemahaman Konsep Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching Siswa SMP Kelas VII
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan reciprocal teaching. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. ... -
Profil Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Kecerdasan Visual-Spasial Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kesulitan siswa dalam memecahkan masalah matematika materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari kecerdasan visual-spasial siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jaten Karanganyar ... -
Diagnosis Kesulitan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Pola Bilangan Dan Pemberian Scaffolding
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk kesulitan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan masalah pola bilangan, serta bentuk scaffolding untuk mengatasi kesulitan penalaran tersebut. Jenis penelitian ... -
Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Teorema Pythagoras
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Matematika sebagai salah satu mata pelajaran sekolah tidak bisa terpisah dari disiplin ilmu lain dan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Koneksi matematis merupakan salah satu standar proses NCTM. Melalui koneksi ... -
Studi Komparasi Keterampilan Komunikasi Matematis Siswa dengan Pembelajaran Kooperatif 5E dan STAD
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Jenis penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah penelitian kajian teori. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan kemampuan model pembelajaran kooperatif tipe 5E dan STAD dalam meningkatkan keterampilan ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Arias (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, And Satisfaction) Berbantu Media Lingkungan Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Smp pada Materi Aritmetika Sosial
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Hasil observasi menunjukkan bahwa minat dan hasil belajar matematika siswa masih rendah, sehingga diperlukan inovasi dalam pembelajaran. Salah satu inovasi yang ditawarkan adalah model pembelajaran Assurance, Relevance, ...