Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya: Recent submissions
Now showing items 521-540 of 548
-
Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pecahan Dengan Media Alat Peraga Matematika Bagi Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 2 Gatak Tahun Ajaran 2012/2013)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-05-15)Keberhasilan pembelajaran matematika dapat diukur dari hasil belajar siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pecahan ... -
Meningkatkan Penalaran Dan Kemampuan Komunikasi Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Treffinger Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-05-15)The purpose of this study is to describe an increase in communication and mathematical reasoning skills students after learning with the learning model Treffinger Inequality Matter Linear Equations and One Variable. ... -
The Backgrounds Of Female Student’s Enrollment At The Mathematics Education Department Of Muhammadiyah University Of Surakarta
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-05-15)The purpose of this research is to describes: (1)the perception of prospective female students before enroll at the Mathematics Department of UMS, (2) the background of female students enroll at the Mathematics Education ... -
Model Kooperatif Tipe Stad Bagi Peserta Didik Kelas VIII A SMP Negeri 14 Surakarta Semester 1 Tahun Pelajaran 2012/2013
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-05-15)Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk : Meningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Pada Bentuk Aljabar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD bagi peserta didik Kelas VIII A SMP Negeri 14 ... -
Eksperimentasi Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas VII Semester Gasal SMP Negeri Siswa 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-05-15)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manakah pendekatan pembelajaran yang lebih efektif antara Pembelajaran Matematika Realistik atau ekspositori untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII semester ... -
Distribusi Erlang dan Penerapannya
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-05-15)Distribusi Erlang adalah distribusi kontinu dengan parameter > 0 dan bilangan bulat positif. Distribusi Erlang merupakan salah satu kasus khusus dari distribusi Gamma dengan parameter > 0 dan > 0. Sehingga dapat ... -
ANALISA KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATA KULIAH PROGRAM LINEAR (Studi pada Mahasiswa Semestar IV Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta)
(MUP, 2011-07)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1). Kesalahn-kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal cerita program linear, (2). Penyebab mahasiswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita program linear, (3). ... -
EFEKTIVITAS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA (Eksperimentasi di Kelas XI SMAN 3 Kabupaten Wonogiri)
(MUP, 2011-07)Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui apakah pendekatan CTL lebih baik daripada pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa; (2) Untuk mengetahui apakah motivasi yang lebih tinggi lebih baik daripada ... -
EFEKTIVITAS MODEL PENEMUAN TERBIMBING DAN COOPERATIVE LEARNING DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA (Eksperimentasi di Kelas IX SMP se-Sub Rayon 04 Kabupaten Wonogiri)
(MUP, 2011-07)Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui manakah diantara model pembelajaran penemuan terbimbing, cooperative learning, dan konvensional yang dapat memberikan hasil belajar yang lebih baik. (2) Untuk mengetahui ... -
PERAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER BANGSA
(MUP, 2011-07) -
IMPLEMENTASI NILAI-NILAI DASAR PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMK MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA KELAS XII TAHUN PELAJARAN 2010/2011
(MUP, 2011-07)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pembelajaran matematika di SMK Muhammadiyah 4 Surakarat yang mencerminkan nilai-nilai dasar pendidikan karakter; mengidentifikasi perubahan sikap siswa dan hasil belajar ... -
EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TUKUL PADA MATERI HIMPUNAN
(MUP, 2011-07)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Tukul lebih baik dibandingkan dengan prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Klasik ... -
MATRIKS INVERS TERGENERALISIR
(MUP, 2011-07)Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui pengertian invers tergeneralisir dari suatu matriks, (2) untuk menentukan invers tergeneralisir dari suatu matriks. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur, ... -
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING DENGAN PENDEKATAN TUTOR SEBAYA BERDASARKAN HASIL UASBN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA (PTK Pembelajaran Matematika di kelas VI SD Negeri Banaran 02 Grogol, Sukoharjo Semester Genap Tahun Ajaran 2010/2011)
(MUP, 2011-07)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI SD yang meliputi aspek menjawab pertanyaan, mengajukan pertanyaan, dan siswa yang mengerjakan soal latihan di depan kelas. Jenis penelitian ... -
EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG YANG BERBASIS ASSESSMENT FOR LEARNING (AfL) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI TINGKAT KREATIVITAS SISWA
(MUP, 2011-07)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah di antara pendekatan pembelajaran CTL dan pembelajaran langsung yang berbasis AfL dan juga di antara kategori kreativitas siswa yang dapat menghasilkan prestasi belajar ... -
OPERASI DASAR BILANGAN BULAT WAHANA PENDIDIKAN KARAKTER DAN MENCERDASKAN (TEMUAN DARI IMPLEMENTASI LESSON STUDY DI SEKOLAH DASAR)
(MUP, 2011-07)Matematika dengan sifatnya yang abstrak sering tidak dapat dipelajari dengan mudah oleh hampir semua peserta didik baik dari tingkat pendidikan dasar sampai dengan perguruan tinggi kecuali bagi mereka yang benar-benar ... -
MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA SEBAGAI CALON PENDIDIK KARAKTER BANGSA MELALUI PEMECAHAN MASALAH
(MUP, 2011-07)Penelitian ini mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis melalui pemecahan masalah pada mahasiswa program studi pendidikan matematika UIN Sunan Kalijaga sebagai calon pendidik karakter bangsa. Subyek penelitian ini adalah ... -
Teorema-Teorema Kekonvergenan pada Integral Riemann, Lebesgue dan Henstock
(MUP, 2011-07)Tujuan penelitian ini untuk mengkaji dan membuktikan syarat-syarat cukup yang menjamin fungsi limit dari barisan fungsi terintegral ( Riemann atau Lebesgue atau Henstock) pada [a,b] juga terintegral pada [a,b], dan nilai ... -
EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE TEAM QUIZ DAN LEARNING CELL DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA
(MUP, 2011-07)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) Pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) Efek interaksi antara metode ...