Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya: Recent submissions
Now showing items 501-520 of 548
-
Penerapan Model Pembelajaran Arias Terintegrasi Pada Pembelajaran Kooperatif Stad Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika( PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Colomadu Tahun 2011/2012 )
(Muhammadiyah University Press, 2013-05-15)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar matematika siswa melalui penerapan metode ARIAS terintegrasi pada pembelajaran kooperatif STAD. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian tindakan ... -
Revitalisasi SLB Pasca Implementasi Sekolah Inklusi
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-05-15)Pendidikan inklusif adalah layanan pendidikan yang mengikutsertakan ABK untuk belajar bersama dengan anak sebayanya di sekolah biasa. Sekolah Luar Biasa (SLB) diselenggarakan untuk melayani anak dalam usia sekolah ... -
Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Menggunakan Model Pembelajaran Treffinger
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-05-15)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan disposisi matematis siswa kelas X 2 SMA Muhammadiyah 2 Surakarta melalui penggunaan model pembelajaran treffinger. Jenis penelitian ini ... -
Peningkatan Penalaran dan Hasil Belajar Matematika Dengan Strategi Pembelajaran Problem Solving ( PTK Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 4 Surakarta Tahun 2012/2013 )
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-05-15)This research aims to identify and describe the improvement reasoning and learning outcomes of students in learning mathematics with problem solving learning strategy. This research is a class act or Classroom Action ... -
Dukungan Lingkungan Sosial, Minat, dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-05-15)Karya tulis ini disusun sebagai laporan hasil penelitian yang telah dilaksanakan di SMP Muhahammadiyah 1 Surakarta dengan mengambil 171 siswa kelas VIII sebagai sampel penelitian. Tujuan penelitian ini adalah: ... -
The Implementation Of Problem Based Learning Model Through Group Investigation In Mathematics Learning Viewed From Student’s Adaptive Reasoning In SMP Negeri 1 Surakarta
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-05-15)The purpose of this research is to analyze: (1) the influence of the use of problem based learning model through group investigation to student’s mathematics achievement, (2) the influence of adaptive reasoning ability ... -
Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together Pada Bangun Ruang (PTK Pada Siswa Kelas Viii Semester Genap Mts Ypi Klambu Tahun Ajaran 2011/2012)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-05-15)Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) pada bangun ruang (kubus dan balok). Metode yang ... -
Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis SMA Dengan Pemanfaatan Software Core Math Tools.
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-05-15)Tujuan penelitian (1) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dengan pemanfaatan software core. (2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pemanfaatan software core. Jenis ... -
Kesalahan Menyelesaikan Soal Matematika Dalam Bentuk Cerita Pokok Bahasan Aritmetika Sosial
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-05-15)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan yang dilakukan siswa SMP Muhammadiyah 5 Surakarta dalam menyelesaikan soal matematika dalam bentuk cerita pokok bahasan Aritmetika Sosial. Penelitian ini merupakan ... -
Peningkatan Aktivitas Pembelajaran Matematika Melalui Metode RME (PTK Di MTS N Karangmojo)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-05-15)The purpose of this study: to describe an increase in the activity of learning mathematics through RME method. This type of research collaborative PTK. The study subjects were free of action is class VIII B MTs N Karangmojo, ... -
Optimalisasi Strategi Pembelajaran Siklus untuk Meningkatkan Kemandirian dan Prestasi Belajar Matematika ( PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII C SMP N 3 Colomadu )
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-05-15)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar matematika dengan menerapkan strategi pembelajaran siklus. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan ... -
The Factors Making Female Graduates Of Department Of Mathematics Education Of Muhammadiyah University Of Surakarta Not Become Mathematics Teacher
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-05-15)The purpose of this research is to describe: (1) the perceptions of female graduates of department of mathematics education of Muhammadiyah University of Surakarta about mathematic teacher profession and other profession, ... -
Eksperimentasi Pembelajaran Assessment For Learning dan Eksperimentasi Pembelajaran Menggunakan Perpaduan Metode Penemuan Dengan Pendekatan Investigasi 97
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-05-15)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh masing- masing kategori model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain ... -
Prestasi Belajar Geometri Analit Datar Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP UMS Ditinjau Dari Gaya Kognitif Tahun Ajaran 2011/2012
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-05-15)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh gaya kognitif terhadap prestasi belajar Geometri Analit Datar pada mahasiswa semester III Pendidikan Matematika FKIP UMS tahun ajaran 2011/2012. ... -
Analisis Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika Dalam Bentuk Cerita Pokok Bahasan Barisan dan Deret Pada Siswa Kelas XII SMA Al-Islam 3 Surakarta
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-05-15)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika bentuk cerita pada pokok bahasan barisan dan deret, kesalahan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal matematika bentuk ... -
Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kreativitas Belajar Matematika Dengan Pemanfaatan Software Core Math Tools (PTK Pada Siswa Kelas Xi A Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah 1 Surakarta Semester 2 Tahun Pelajaran 2012/2013)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-05-15)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas belajar matematika siswa melalui pemanfaatan software CMTpada kelas XI A Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah 1 Surakarta. ... -
Optimalisasi Strategi Pembelajaran Siklus Untuk Meningkatkan Komunikasi dan Prestasi Belajar Matematika ( PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII C SMP N 3 Colomadu )
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-05-15)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP dengan menerapkan strategi pembelajarana siklus. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). ... -
Beberapa Teorema Titik Tetap Untuk Pemetaan Nonself
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-05-15)Dalam paper ini, kami membuktikan beberapa teorema titik tetap untuk pemetaan nonself condensing, kompak dan kontinu, jumlah dua operator, kontraksi dan nonexpansive. Pertama, dengan menggunakan beberapa sifat ukuran ... -
Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Metode Tutor Sebaya ( PTK Di MTS N Karangmojo)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-05-15)The purpose of this study: to describe an increase in the quality of mathematics learning through peer tutoring methods. This type of research collaborative PTK. The study subjects were free of action is class VII B MTs ... -
Kontribusi Kemandirian Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Fasilitas Belajar Dan Jarak Tempat Tinggal Siswa SMK
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-05-15)Tujuan penelitian, (1) menguji kontribusi kemandirian terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari fasilitas belajar dan jarak tempat tinggal siswa, (2) menguji perbedaan hasil belajar matematika ditinjau dari fasilitas ...