Implementasi Media Pembelajaran Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Era Industri 4.0 (Studi Kasus di SMA Negeri Nawangan)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang implementasi penggunaan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif di
era industry 4.0 yaitu penggunaan media pembelajaran Mind Mapping dalam mata pelajaran ekonomi.
Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) untuk mendiskripsikan pembuatan Mind Mapping dan penggunaan media
pembelajaran Mind Mapping dalam kegiatan pembelajaran ekonomi. 2) Untuk mengetahui tanggapan guru
atas diterapkannya media pembelajaran Mind Mapping dalam mata pelajaran ekonomi di kelas X IPS 1
SMA Negeri Nawangan. 3) Untuk mengetahui tanggapan siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri Nawangan atas
penerapan media pembelajaran Mind Mapping dalam mata pelajaran ekonomi. Jenis penelitian ini adalah
penelitian deskriptif kualitatif. Dasar pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Dengan diterapkannya
media pembelajaran Mind Mapping guru lebih mudah dalam menyajikan materi terhadap siswa, serta dapat
mempermudah guru dalam menyampaikan materi. 2) dengan diterapkannya media pembelajaran Mind
Mapping dapat mempermudah siswa dalam memahami materi dan dapat menjadikan siswa lebih aktif,
kreatif dan siswa lebih tertarik dalam proses pembelajaran ekonomi.