Pengembangan Pembelajaran Ekonomi Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigaion (GI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
dc.contributor.author | Puhun, Gabriel Baha | |
dc.contributor.author | Joyoatmojo, Soetarno | |
dc.contributor.author | Indriayu, Mintasih | |
dc.date.accessioned | 2019-05-28T05:56:12Z | |
dc.date.available | 2019-05-28T05:56:12Z | |
dc.date.issued | 2019-04 | |
dc.identifier.citation | Aziz, A, A. Yusof, M, K. & Yatim, J, M. (2012). Evaluation on the Effectiveness of Learning Outcomes from Students’ Perspectives. Social and Behavioral Sciences.VO 56 No.22 – 30. Benny, A, P. (2009). Model Desain Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat. Darlina & Naimah H. (2017). Effect Cooperative Learning Model Type of Group Investigation Using PhET to Cognitive Learning, Interpersonal Communication and Communication Ability Capability. Journal of Education and Practice. Vol.8 No. 35. Gumrowi, A. (2016). Strategi Pembelajaran Melalui Pendekatan Kontekstual dengan Cooperative Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Gelombang Siswa Kelas XII MAN 1 Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 5(2), 183–191. Hamalik. (2104). Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara: Jakarta. Moedijiko, dkk (1992). Strategi belajar mengajar. Jakarta: depdikbud. Munir, M, T. Baroutian, S. & Carter, B,R. (2018). Flipped classroom with cooperative learning as a cornerstone. Education for Chemical Engineers. Prayudi (2015). Penerapan odel group investigation berbasis kontekstual pada pembelajaran fisika di sekolah menenga atas. Jurnal inovasi pembelajaran. No.1. 69-76 Vol.1. Ria, H. & Derlina. (2017) Penbelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Dengan Metode Know-Want Learn (KWL): Dampak terhadap Hasil Belajar Fluida Dinamis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi. Vol.6 No.149-158. | id_ID |
dc.identifier.issn | 2503-4855 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/10754 | |
dc.description.abstract | Pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) merupakan pembelajaran yang menuntut siswa aktif dalam proses pembelajaran didalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh pengguanaan metode pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X SMA Negri 1 Eban. Metode penelitian yang diguanakan dalam penelitian ini adalah: Studi literatur (literatur review). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dengan diterapkannya pembalajaran kooperatif tipe group investigation (GI) pada pembelajaran ekonomi dapat meningkatakan prestasi belajar dari siswa. Untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi maka model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) sangat tepat di gunakan. | id_ID |
dc.publisher | Seminar Nasional Pendidikan 2019 | id_ID |
dc.title | Pengembangan Pembelajaran Ekonomi Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigaion (GI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
Seminar Nasional Pendidikan IV 2019 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)
Pengembangan Kualitas Pembelajaran Era Generasi Milenial