Komik Digital Berbasis PBL Sebagai Upaya Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Berpikir Kritis: Sebuah Kajian Literatur
View/ Open
Date
2019-04Author
Rossana, Laila
Siswandari, S.
Sudiyanto, S.
Metadata
Show full item recordAbstract
Keterampilan berpikir kritis adalah keterampilan abad 21 yang perlu dilatihkan oleh guru kepada peserta
didik melalui pemanfaatan teknologi yang sudah canggih. Sejalan dengan hal tersebut, dalam pembelajaran
akuntansi siswa dituntut untuk dapat berpikir kritis, sehingga siswa dapat melakukan analisis, memecahkan
masalah dan mengambil keputusan dengan benar. Pada kenyataannya, tuntutan pembelajaran akuntansi
yang membutuhkan kemampuan berpikir analisis menjadikan siswa kesulitan memahami materi yang
menyebabkan motivasi belajar siswa menurun. Fokus utama kajian ini mengenai penggunaan media komik
digital berbasis Problem Based Learning (PBL) sebagai upaya meningkatkan motivasi dan keterampilan
berpikir kritis siswa. Kajian dilakukan dengan menggunakan metode kajian literatur. Hasil kajian
menyimpulkan bahwa penggunaan media komik digital berbasis PBL dapat meningkatkan motivasi dan
keterampilan berpikir siswa dalam pembelajaran akuntansi. Sehingga media komik digital berbasis PBL
perlu dikembangkan untuk meningkatkan motivasi dan keterampilan berpikir kritis siswa dalam
pembelajaran akuntansi.