Penerapan Strategi Marketing Lembaga Pendidikan Swasta di Era Industri 4.0 (Studi Kasus di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta)
Abstract
Perkembangan zaman di abad ke 21 memasuki era dimana persaingan antar lembaga pendidikan semakin
kompetitif dan menuntut lembaga pendidikan menyesuaikan dengan perkembangan di masyarakat. Namun
daya tarik masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di SMA Muhammadiyah tidak menurun. Melihat
fenomena yang terjadi, peneliti tertarik untuk meneliti tentang penerapan strategi marketing lembaga
pendidikan swasta di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan
penerapan strategi marketing lembaga pendidikan swasta di era 4.0. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara, dan dokumentasi analisis. Metode analisis data menggunakan Reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari beberapa strategi marketing lembaga
sekolah di era industri 4.0 lebih dominan dalam berpromosi melalui internet dan media sosial (website,
instagram) dan ini ditunjukkan pula pada hasil wawancara orang tua bahwa informasi sekolah diperoleh
melalui website dan medsos.