Analisis Kebutuhan Pengembangan Terhadap Bahan Ajar Mata Pelajaran Komputer Akuntansi di SMK N 1 WONOGIRI
View/ Open
Date
2019-04Author
Digara, Reza Taufiq
Purwaningsih, Yunastiti
Susilaningsih, S.
Metadata
Show full item recordAbstract
Bahan ajar merupakan kumpulan dari beberapa pengetahuan yang disusun secara terstruktur dan sistematis.
Bahan ajar yang baik adalah bahan ajar yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik untuk mengatasi
kesulitan dalam belajar khususnya pada mata pelajaran komputer akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk
mendiskripsikan analisis kebutuhan peserta didik kelas XI terhadap bahan ajar yang digunakan pada mata
pelajaran komputer akuntansi di SMK Negeri 1 Wonogiri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif
kualitiatif dengan merujuk pada tahapan studi pendahuluan dengan model pengembangan Borg & Gall.
Teknik pengambilan data yaitu dengan cara observasi, wawancara dan angket mengenai tanggapan peserta
didik, selanjutnya dianalisis secara persentase deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebanyak
80% menggunakan internet sebagai bahan ajar, 72% materi menyusun daftar akun sulit dipelajari, 92% Sulit
memahmai bahasa, 76% minimnya gambar yang tersedia, dan 72% mata pelajaran komputer akuntansi
kurang menarik. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan bahan ajar menunjukan bahwa peserta didik
membutuhkan bahan ajar dalam bentuk modul untuk meningkatkan pemahaman, motivasi dan minat mereka
pada mata pelajaran komputer akuntansi.