Peranan Sekolah Kawasan Berbasis Sistem Zonasi Sekolah dalam Pembentukan Karakter Siswa di Era Milenial (Studi Kasus di SMA Negeri 2 Wonogiri)
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Wonogiri. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana
prosedur penerimaan siswa disekolah kawasan berbasis zonasi di era milenial, implementasi pendidikan
karakter siswa di era milenial, dan peranan sekolah kawasan berbasis sistem zonasi dalam pembentukan
karakter siswa di era milenial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui
implementasi pendidikan karakter di era milenal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi.
Dalam menganalisis data digunakan tiga alur dari Miles yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PPDB SMA Negeri 2 Wonogiri belum maksimal.
Implementasi di SMA Negeri 2 Wonogiri memiliki empat metode yaitu mengajarkan keteladanan,
menentukan prioritas, praktis dan refleksi dan peranan guru dalam mendidik siswa menjadi insan yang
berkarakter baik sangat dibutuhkan. Penggunaan metode yang bervariasi dalam menciptakan suasana belajar
agar tidak membosankan untuk menarik minat siswa serta mendekatkan diri kepada siswa dan memudahkan
guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter baik.