Keaktifan Belajar Akuntansi Ditinjau dari Persepsi Siswa tentang Mata Pelajaran Akuntansi dan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara Tahun Ajaran 2016/2017
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) pengaruh persepsi siswa tentang mata pelajaran akuntansi
terhadap keaktifan belajar akuntansi, 2) pengaruh motivasi belajar terhadap keaktifan belajar akuntansi, 3)
pengaruh persepsi siswa tentang mata pelajaran akuntansi dan motivasi belajar terhadap keaktifan belajar
akuntansi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif.Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa kelas XI Jurusan Akuntansi di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara Tahun Ajaran 2016/2017 yaitu
sebanyak 75 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional RandomSampling dengan cara
undian sebanyak 63 responden. Data yang diperlukan diperoleh dari dokumentasi dan angket yang
sebelumnya telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas.Teknik analisis data yang digunakan
adalah uji regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan sumbangan
efektif.Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) Persepsi siswa tentang mata
pelajaran akuntansi berpengaruh signifikan terhadapkeaktifan belajar. Hal ini terbukti berdasarkan analisis
regresi yang memperoleh nilai thitung < ttable yaitu 3,334 < 2,000 dengan nilai signifikansi 0,025< 0,05. (2)
motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap keaktifan belajar. Hal ini terbukti berdasarkan analisis
regresi yang memperoleh nilai thitung < ttable yaitu3,145 < 2,000 dengan nilai signifikansi 0,001< 0,05. (3)
Persepsi siswa tentang mata pelajaran akuntansi dan motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap
keaktifan belajar akuntansi. Hal ini terbukti berdasarkan analisis regresi yang memperoleh nilai Fhitung
>Ftable yaitu28,145> 3,150 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (4) Variabel X1 memberikan sumbangan
relatif sebesar 51,8% dan sumbangan efektif sebesar 25,1%, variabel X2 memberikan sumbangan relatif
sebesar 48,2% dan sumbangan efektif sebesar 23,3%. (5) Hasil perhitungan R2 diperoleh 0,484% berarti
48,4% keaktifan belajar akuntansi dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang mata pelajaran akuntansi dan
motivasi belajar, sisanya 51,6% dipengaruhi oleh variabel di luar penelitian.