• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
    • Seminar Nasional Pendidikan IV 2019 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
    • Seminar Nasional Pendidikan IV 2019 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Keaktifan Belajar Akuntansi Ditinjau dari Persepsi Siswa tentang Mata Pelajaran Akuntansi dan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara Tahun Ajaran 2016/2017

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (1.812Mb)
    Date
    2019-04
    Author
    Asmawati, Titik
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) pengaruh persepsi siswa tentang mata pelajaran akuntansi terhadap keaktifan belajar akuntansi, 2) pengaruh motivasi belajar terhadap keaktifan belajar akuntansi, 3) pengaruh persepsi siswa tentang mata pelajaran akuntansi dan motivasi belajar terhadap keaktifan belajar akuntansi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Akuntansi di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara Tahun Ajaran 2016/2017 yaitu sebanyak 75 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional RandomSampling dengan cara undian sebanyak 63 responden. Data yang diperlukan diperoleh dari dokumentasi dan angket yang sebelumnya telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas.Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan sumbangan efektif.Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) Persepsi siswa tentang mata pelajaran akuntansi berpengaruh signifikan terhadapkeaktifan belajar. Hal ini terbukti berdasarkan analisis regresi yang memperoleh nilai thitung < ttable yaitu 3,334 < 2,000 dengan nilai signifikansi 0,025< 0,05. (2) motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap keaktifan belajar. Hal ini terbukti berdasarkan analisis regresi yang memperoleh nilai thitung < ttable yaitu3,145 < 2,000 dengan nilai signifikansi 0,001< 0,05. (3) Persepsi siswa tentang mata pelajaran akuntansi dan motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap keaktifan belajar akuntansi. Hal ini terbukti berdasarkan analisis regresi yang memperoleh nilai Fhitung >Ftable yaitu28,145> 3,150 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (4) Variabel X1 memberikan sumbangan relatif sebesar 51,8% dan sumbangan efektif sebesar 25,1%, variabel X2 memberikan sumbangan relatif sebesar 48,2% dan sumbangan efektif sebesar 23,3%. (5) Hasil perhitungan R2 diperoleh 0,484% berarti 48,4% keaktifan belajar akuntansi dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang mata pelajaran akuntansi dan motivasi belajar, sisanya 51,6% dipengaruhi oleh variabel di luar penelitian.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/10767
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan IV 2019 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV