Show simple item record

dc.contributor.authorAsmawati, Titik
dc.date.accessioned2019-05-28T07:44:20Z
dc.date.available2019-05-28T07:44:20Z
dc.date.issued2019-04
dc.identifier.citationBimo Walgito. (2010). Pengantar Psikologi Umum.Yogyakarta: Andi Offset. Oemar Hamalik. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta. UU No. 20 tahun 2003 Teantang Sistem Pendidikan Nasional (2003). Sinar Grafika.id_ID
dc.identifier.issn2503-4855
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10767
dc.description.abstractTujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) pengaruh persepsi siswa tentang mata pelajaran akuntansi terhadap keaktifan belajar akuntansi, 2) pengaruh motivasi belajar terhadap keaktifan belajar akuntansi, 3) pengaruh persepsi siswa tentang mata pelajaran akuntansi dan motivasi belajar terhadap keaktifan belajar akuntansi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Akuntansi di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara Tahun Ajaran 2016/2017 yaitu sebanyak 75 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional RandomSampling dengan cara undian sebanyak 63 responden. Data yang diperlukan diperoleh dari dokumentasi dan angket yang sebelumnya telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas.Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan sumbangan efektif.Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) Persepsi siswa tentang mata pelajaran akuntansi berpengaruh signifikan terhadapkeaktifan belajar. Hal ini terbukti berdasarkan analisis regresi yang memperoleh nilai thitung < ttable yaitu 3,334 < 2,000 dengan nilai signifikansi 0,025< 0,05. (2) motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap keaktifan belajar. Hal ini terbukti berdasarkan analisis regresi yang memperoleh nilai thitung < ttable yaitu3,145 < 2,000 dengan nilai signifikansi 0,001< 0,05. (3) Persepsi siswa tentang mata pelajaran akuntansi dan motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap keaktifan belajar akuntansi. Hal ini terbukti berdasarkan analisis regresi yang memperoleh nilai Fhitung >Ftable yaitu28,145> 3,150 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (4) Variabel X1 memberikan sumbangan relatif sebesar 51,8% dan sumbangan efektif sebesar 25,1%, variabel X2 memberikan sumbangan relatif sebesar 48,2% dan sumbangan efektif sebesar 23,3%. (5) Hasil perhitungan R2 diperoleh 0,484% berarti 48,4% keaktifan belajar akuntansi dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang mata pelajaran akuntansi dan motivasi belajar, sisanya 51,6% dipengaruhi oleh variabel di luar penelitian.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional Pendidikan 2019id_ID
dc.titleKeaktifan Belajar Akuntansi Ditinjau dari Persepsi Siswa tentang Mata Pelajaran Akuntansi dan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara Tahun Ajaran 2016/2017id_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record