Efektifitas Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Mata Pelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VIII SMP IT Al Huda Wonogiri
View/ Open
Date
2019-04Author
Hakim, Muhammad Luqman
Akhyar, Muhammad
Asrowi, A
Metadata
Show full item recordAbstract
Kosakata merupakan salah satu unsur penting dalam bahasa Arab, dengan menguasainya
seseorang akan terampil dalam berbahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan
multimedia interaktif untuk mengingkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa. Penelitian ini
termasuk peneltian eksperimen/ uji coba (Experimental Study), data diperoleh melalui kegiatan
observasi, dan test penguasaan kosakata. Teknik analisis data menggunakan Uji t Independent
Sample T Test. Hasil analisis perbandingan post-test terdapat perbedaan nilai penguasaan kosakata
yang signifikan antara kelas eksperimen sebesar 51,83 dan kelas kontrol sebesar 41,25 dengan
selisih rata-rata sebesar 10,58. Hasil uji t menunjukkan angka nilai sig. 0,004. Berdasarkan hasil
uji keefektifan menunjukkan bahwa multimedia interaktif dapat meningkatkan penguasaan
kosakata bahasa Arab siswa secara signifikan.Sehingga tidak dapat dipungkiri jika penggunaan
multimedia interaktif memberikan banyak manfaat, tidak hanya bagi siswa tetapi juga bagi
pengajar, dikarenakan penggunaan multimedia interaktif dalam pembelajaran kosakata bahasa
Arab lebih menarik dan dapat menumbuhkan minat siswa.