dc.identifier.citation | [1]Zulhanan. (2014). Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif. Jakarta: Raja Grafindo Persada. [2]Tarigan, Henry Guntur. (2011). Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa. [3]Thornbury, Scott. (2002). How to Teach Vocabulary. Essex: Pearson Education Limited. [4]Mustofa, Syaiful. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. Malang: Maliki Press. [5]Tarigan, Henry Guntur. (2011). Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa. [6]Mustofa, Syaiful. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. Malang: Maliki Press. [7]Thornbury, Scott. (2002). How to Teach Vocabulary. Essex: Pearson Education Limited. [8]Mujib, & Rahamawati. (2013). Metode Permainan-Permainan Edukatif Dalam Belajar Bahasa Arab. Jogjakarta: Diva Press. [9]Anitah, Sri. (2014). Media Pembelajaran. Surakarta: Sebelas Maret University Press. [10]Smaldino, Lowther, & Russell. (2008). Instructional Technology And Media For Learning. New Jersey: Pearson. [11]R. Mei, “English vocabulary teaching based on multimedia technology,” Computer Modelling & New Technologies, vol. 17, no. 5, pp 263-265, 2013. [12]Ainin, Tohir, & Asrori, Imam. (2006). Evaluasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat. [13]Daryanto. (2013). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media. [14]Dwyer, Francis M. (1978). Strategies for Improving Visual Learning a Handbook for the Effective Selection Design and Use of Visualized Materials. Pennsylvania : Learning Services. [15]H, Rahmad & N, Endang, “Pengembangan Program Multimedia Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas VII SMP Di Banjarbaru,” Jurnal LingTera,1(1). 76-85. (2014) [16]Khiyabani, H . Ghonsooly, B. And Ghabanchi, Z. “Using Multimedia in Teaching Vocabulary in High School Classes”, Journal of Advances in English Language Teaching, vol. 2, no.1, pp 1-13, 2014. [17]C, Yujie. “How to Use Multimedia in College English Vocabulary Teaching,” International Conference on Sports, Arts, Education and Management Engineering: Advances in Social Science, Education and Humanities Research, vol. 105, pp 294-297, 2017. [18]Xue Shi. “Application of Multimedia Technology in Vocabulary Learning for Engineering Students,” International Journal of Emerging Technologies in Learning, vol. 12, no. 1, pp 21- 31, 2017. | id_ID |
dc.description.abstract | Kosakata merupakan salah satu unsur penting dalam bahasa Arab, dengan menguasainya
seseorang akan terampil dalam berbahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan
multimedia interaktif untuk mengingkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa. Penelitian ini
termasuk peneltian eksperimen/ uji coba (Experimental Study), data diperoleh melalui kegiatan
observasi, dan test penguasaan kosakata. Teknik analisis data menggunakan Uji t Independent
Sample T Test. Hasil analisis perbandingan post-test terdapat perbedaan nilai penguasaan kosakata
yang signifikan antara kelas eksperimen sebesar 51,83 dan kelas kontrol sebesar 41,25 dengan
selisih rata-rata sebesar 10,58. Hasil uji t menunjukkan angka nilai sig. 0,004. Berdasarkan hasil
uji keefektifan menunjukkan bahwa multimedia interaktif dapat meningkatkan penguasaan
kosakata bahasa Arab siswa secara signifikan.Sehingga tidak dapat dipungkiri jika penggunaan
multimedia interaktif memberikan banyak manfaat, tidak hanya bagi siswa tetapi juga bagi
pengajar, dikarenakan penggunaan multimedia interaktif dalam pembelajaran kosakata bahasa
Arab lebih menarik dan dapat menumbuhkan minat siswa. | id_ID |