Pengembangan Aplikasi Simulasi Benda Langit Berbasis Virtual Reality menggunakan Analisis Black Box
View/ Open
Date
2019-04Author
Kusumawati, Astriana Jihan
Sukirman, S
Putra, Muhammad Miftakhul Rohadi
Metadata
Show full item recordAbstract
Pembelajaran tentang benda-benda langit dan pergerakannya merupakan salah satu materi yang
diajarkan di taman kanak-kanak (TK). Metode pembelajaran yang digunakan di TK tersebut masih
konvensional, yaitu dengan cara menerangkan materi tanpa media atau alat peraga. Sehingga
pergerakan benda langit tidak terlihat oleh siswa secara langsung. Untuk itu perlu dibuat suatu
media yang mampu menunjukkan proses pergerakan benda langit melalui simulasi, salah satunya
adalah teknologi berbasis virtual reality (VR). Artikel ini membahas tentang pengembangan
aplikasi VR untuk simulasi pergerakan benda langit. Metode yang digunakan adalah Research and
Development (R&D) dengan pengujian analisis black box, yaitu analisis yang dilakukan dengan
cara menguji fitur produk. Dari pengujian diperoleh hasil bahwa produk yang dikembangkan
dinyatakan dapat berjalan dengan baik. Diharapkan aplikasi VR yang dikembangkan ini dapat
digunakan sebagai alternatif media pembelajaran terutama untuk simulasi pergerakan benda langit.