Optimalisasi Pendidikan Mitigasi Bencana melalui Penumbuhan Budi Pekerti dalam Membentuk Karakter Tanggap Bencana
View/ Open
Date
2019-04Author
Nisa, Aisyah Nur Sayidatun
Putri, Noviani Achmad
Hermanto, Fredy
Ginanjar, Asep
Nurfadillah, Kiki
Metadata
Show full item recordAbstract
Indonesia yang merupakan daerah rawan bencana menjadikan pemerintah mengupayakan
usaha preventif dalam penanggulangannya. Salah satunya adalah upaya preventif di dunia
pendidikan, yaitu dengan adanya pendidikan mitigasi bencana yang mengintegrasikan budi
pekerti atau nilai-nilai karakter. Dengan tujuan membentuk watak serta karakter tanggap dan
paham terhadap bencana, menumbuhkan kesadaran masyarakat luas akan risiko bencana dan
dapat mengurangi kerugian yang ditimbulkan dari suatu bencana. Pendidikan mitigasi bencana
dilakukan dengan mengintegrasikan budi pekerti didalamnya yaitu dengan menerapkan 3 pilar,
yaitu (1) penyediaan fasilitas sekolah yang aman dari bencana, (2) manajemen kebencanaan
yang maksimal di sekolah, (3) pendidikan pencegahan dan pengurangan risiko bencana di
sekolah, dimana menyisipkan dan menumbuhkan nilai-nilai karakter sesuai dengan kurikulum
2013. Sehingga siswa dan masyarakat mampu untuk melakukan usaha preventif terhadap
bencana.