dc.contributor.author | Nisa, Aisyah Nur Sayidatun | |
dc.contributor.author | Putri, Noviani Achmad | |
dc.contributor.author | Hermanto, Fredy | |
dc.contributor.author | Ginanjar, Asep | |
dc.contributor.author | Nurfadillah, Kiki | |
dc.date.accessioned | 2019-06-17T06:01:33Z | |
dc.date.available | 2019-06-17T06:01:33Z | |
dc.date.issued | 2019-04 | |
dc.identifier.citation | Honesti, Leli dan Djali, Nazwar. 2012. Pendidikan kebencanaan di Sekolah-sekolah di Indonesia berdasarkan Beberapa Sudut Pandang Disiplin Immu Pengetahuan. Jurnal Momentum. Vol.12.No.1. Februari 2012. Robi Amri, Mohd dkk. 2016. RBI Risiko Bencana Indonesia. Jakarta: BNPB Direktorat Pengurangan Risiko Bencana. Suharwoto, Gotot dkk. 2015. Modul 1. Pilar 1-Fasilitas Sekolah Aman. Jakarta: kementrian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan unicef. Suharwoto, Gotot dkk. 2015. Modul 2. Pilar 2-Manajemen Bencana di Sekolah. Jakarta: kementrian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan unicef. Suharwoto, Gotot dkk. 2015. Modul 3. Pilar 3-Pendidikan Pencegahan dan Pengurangan Risiko Bencana. Jakarta: kementrian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan unicef. Undang-Undang No. 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana. Peraturan Mentri Pendidikan dan kebudayaan No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti (PBP). Peraturan Presiden No. 8 Tahun 2008 tentang Tugas dan Fungsi BNPB. Peraturan Presiden No. 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). | id_ID |
dc.identifier.issn | 2580-8796 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/10811 | |
dc.description.abstract | Indonesia yang merupakan daerah rawan bencana menjadikan pemerintah mengupayakan
usaha preventif dalam penanggulangannya. Salah satunya adalah upaya preventif di dunia
pendidikan, yaitu dengan adanya pendidikan mitigasi bencana yang mengintegrasikan budi
pekerti atau nilai-nilai karakter. Dengan tujuan membentuk watak serta karakter tanggap dan
paham terhadap bencana, menumbuhkan kesadaran masyarakat luas akan risiko bencana dan
dapat mengurangi kerugian yang ditimbulkan dari suatu bencana. Pendidikan mitigasi bencana
dilakukan dengan mengintegrasikan budi pekerti didalamnya yaitu dengan menerapkan 3 pilar,
yaitu (1) penyediaan fasilitas sekolah yang aman dari bencana, (2) manajemen kebencanaan
yang maksimal di sekolah, (3) pendidikan pencegahan dan pengurangan risiko bencana di
sekolah, dimana menyisipkan dan menumbuhkan nilai-nilai karakter sesuai dengan kurikulum
2013. Sehingga siswa dan masyarakat mampu untuk melakukan usaha preventif terhadap
bencana. | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | Seminar Nasional GEOTIK 2019 | id_ID |
dc.title | Optimalisasi Pendidikan Mitigasi Bencana melalui Penumbuhan Budi Pekerti dalam Membentuk Karakter Tanggap Bencana | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |