Strategi Pemanfaatan TIK untuk Promosi Kampung Wisata di Kota Yogyakarta
Abstract
Pariwisata di Indonesia memiliki berbagai macam destinasi pariwisata, diantaranya wisata alam,
seni budaya, kuliner serta peninggalan sejarah. Kota Yogyakarta menjadi salah satu destinasi wisata
bagi wisatawan. Destinasi wisata yang berada di Kota Yogyakarta dikemas dengan bentuk Kampung
Wisata. Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta dan Pengelola kampung wisata belum memiliki strategi
teknologi informasi untuk promosi kampung wisata. Promosi terhadap kampung wisata dengan
pemanfaatan TIK dapat digunakan sebagai upaya untuk memperkenalkan keberadaan kampung
wisata, meningkatkan okupansi kunjungan, menarik minat wisatawan dan memberikan layanan
informasi tentang kampung wisata kepada wisatawan. Namun, keterbatasan kemampuan sumber
daya yang dimiliki kampung wisata menjadi kendala pemanfaatan TIK untuk melakukan promosi
dan memberikan informasi. Metodologi penelitian dalam penelitian ini terdiri dari lima tahapan
yakni: Tahap studi literatur; Tahap pengumpulan informasi; Tahap analisis permasalahan,
menganalisis informasi dari hasil pengumpulan informasi menggunakan metode SWOT; Tahap
perumusan draf strategi TI, mendesain strategi TI menggunakan IT BSC dari hasil analisis
permasalahan; dan Tahap evaluasi dan validasi strategi TI, dilakukan evaluasi dan validasi strategi
TI yang telah dihasilkan. Penelitian ini menghasilkan 11 strategi TI untuk promosi kampung wisata
di Kota Yogyakarta. 11 strategi TI tersebut telah dilakukan evaluasi dan validasi oleh pihak Dinas
Pariwisata Kota Yogyakarta dapat diterima dan diimplementasikan sehingga menyatakan bahwa 11
strategi TI yang dihasilkan valid. Sehingga, strategi pemanfaatan TIK untuk promosi kampung
wisata di Kota Yogyakarta yang didesain dan dihasilkan dapat diterapkan dan dipergunakan untuk
promosi wisata lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan.