Efektifitas Think Pair Share berbasis Saintifik Berbantuan Media Videoscribe untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik
View/ Open
Date
2019-04Author
Arini, Narita Dyah
Joyoatmojo, Soetarno
Riani, Asri Laksmi
Metadata
Show full item recordAbstract
Revolusi industri 4.0 menuntut bidang pendidikan ikut serta mengubah tingkah laku peserta didik
demi menciptakan sumber daya manusia yang dewasa dan tangguh. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui penggunaan model Think Pair Share berbasis saintifik berbantuan videoscribe dapat
meningkatkan keaktifan peserta didik. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Subjek
dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPS 1 yang berjumlah 35 orang, dan kelas X IPS 4
yang berjumlah 36 orang di SMA Negeri 3 Sukoharjo. Teknik pengumpulan data menggunakan
metode observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis
data kualitatif dan kuantitatif, metode kombinasi yang digunakan adalah tipe convergen parallel
mixed methods yaitu peneliti dalam waktu yang sama mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif,
menganalisis data secara terpisah, dan membandingkan hasilnya untuk mengetahui apakah temuan
tersebut saling melengkapi atau tidak. Hasil pengujian menunjukkan peningkatan keaktifan belajar
di kelas X IPS 1 yakni dari 66,84% sebelum memperoleh tindakan meningkat menjadi 72,44%
setelah memperoleh tindakan pada siklus I dan kembali meningkat menjadi 81,29% setelah
memperoleh tindakan siklus II. Pada X IPS 4 dari 63,93% sebelum memperoleh tindakan menjadi
70,20% setelah memperoleh tindakan siklus I kemudian kembali meningkat menjadi 81,48% setelah
memperoleh tindakan siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Think Pair Share
berbasis saintifik berbantuan videoscribe pada mata pelajaran ekonomi dapat meningkatkan
keaktifan peserta didik sehingga menciptakan efektifitas pembelajaran bagi peserta didik dan dapat
mengaplikasikannya dalam kehidupan nyata.