Show simple item record

dc.contributor.authorArini, Narita Dyah
dc.contributor.authorJoyoatmojo, Soetarno
dc.contributor.authorRiani, Asri Laksmi
dc.date.accessioned2019-06-18T01:38:50Z
dc.date.available2019-06-18T01:38:50Z
dc.date.issued2019-04
dc.identifier.citation[1] Ali, M,” Ilmu dan Aplikasi Pendidikan”, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2007. [2] Bataineh M.Z, “Think-Pair-Share, Co Op-Co Op and Traditional Learning Strategies on Undergraduate Academic Performance”. Journal of Educational and Social Research. Vol 5(1), pp217-226, 2015. [3] Hosnan. M, “Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013 “. Bogor: Ghalia Indonesia, 2014. [4] Liu, Y., “Social Media Tools as a Learning Resource”. Journal of Educational Technology Development and Exchange, 3(1), 101-114, 2010. [5] Mathew. N. G, & Alidmat. A. H. O,” A Study on the Usefulness of Audio-Visual Aids in EFL Classroom: Implications for Effective Instruction”. International Journal of Higher Education.2, vol 2, pp 86- 92, 2013. [6] Milles,.M.B & Huberman,.M.A., “Qualitative Data Analysis”. London: Sage Publication, 2007. [7]Sardiman, A. M., “Interaksi & Motivasi belajar Mengajar”, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011. [8] Widoyoko, E. P,”Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian”,Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.id_ID
dc.identifier.issn2580-8796
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10815
dc.description.abstractRevolusi industri 4.0 menuntut bidang pendidikan ikut serta mengubah tingkah laku peserta didik demi menciptakan sumber daya manusia yang dewasa dan tangguh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model Think Pair Share berbasis saintifik berbantuan videoscribe dapat meningkatkan keaktifan peserta didik. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPS 1 yang berjumlah 35 orang, dan kelas X IPS 4 yang berjumlah 36 orang di SMA Negeri 3 Sukoharjo. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif, metode kombinasi yang digunakan adalah tipe convergen parallel mixed methods yaitu peneliti dalam waktu yang sama mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif, menganalisis data secara terpisah, dan membandingkan hasilnya untuk mengetahui apakah temuan tersebut saling melengkapi atau tidak. Hasil pengujian menunjukkan peningkatan keaktifan belajar di kelas X IPS 1 yakni dari 66,84% sebelum memperoleh tindakan meningkat menjadi 72,44% setelah memperoleh tindakan pada siklus I dan kembali meningkat menjadi 81,29% setelah memperoleh tindakan siklus II. Pada X IPS 4 dari 63,93% sebelum memperoleh tindakan menjadi 70,20% setelah memperoleh tindakan siklus I kemudian kembali meningkat menjadi 81,48% setelah memperoleh tindakan siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Think Pair Share berbasis saintifik berbantuan videoscribe pada mata pelajaran ekonomi dapat meningkatkan keaktifan peserta didik sehingga menciptakan efektifitas pembelajaran bagi peserta didik dan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan nyata.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional GEOTIK 2019id_ID
dc.titleEfektifitas Think Pair Share berbasis Saintifik Berbantuan Media Videoscribe untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didikid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record