Tingkat Pengetahuan Bencana Gempa Bumi Siswa Taman Kanak-Kanak Kibar Tamanan Kabupaten Bantul
View/ Open
Date
2019-04Author
Suherningtyas, Ika Afianita
Nucifera, Fitria
Riasasi, Widiyana
Metadata
Show full item recordAbstract
Bencana didefinisikan sebagai suatu kejadian yang secara dramatis berdampak negatif
terhadap kehidupan manusia. Berdasarkan UU No. 24 Tahun 2007, gempa bumi termasuk
dalam golongan bencana alam yang diakibatkan oleh peristiwa alam. Gempa bumi tidak dapat
diprediksi kapan terjadinya, sehingga pengetahuan tentang bencana gempa bumi penting
dimiliki oleh masyarakat untuk mengurangi dampak resiko bencana. Anak-anak menjadi salah
satu kelompok rentan terdampak resiko gempa bumi. Pengetahuan anak-anak terhadap gempa
bumi perlu diberikan semenjak dini terutama saat usia pra sekolah, hal ini penting karena
Indonesia berada di kawasan rawan bencana gempa bumi. Tujuan penelitian ini adalah
mengetahui tingkat pengetahuan gempa bumi dan upaya menyelamatkan diri siswa TK ketika
bencana gempa bumi datang. Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif dengan
membagikan kuesioner pertanyaan kepada populasi responden TK Kibar di Tamanan Bantul
Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 36% memiliki
pengetahuan baik tentang bencana gemp bumi, namun 58% siswa memiliki pengetahuan yang
buruk dalam upaya penyelamatan diri ketika bencana gempa bumi datang.