Urgensi Pengembangan Edukasi Bencana berbasis Ramah Anak
View/ Open
Date
2019-04Author
Madyawati, Lilis
Zubadi, Hamron
Laely, Khusnul
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penelitian ini: 1) terdeskripsikannya model edukasi bencana yang telah ada dan digunakan pada
lembaga PAUD yang ramah anak; 2) terwujudnya dan tersedianya pengembangan edukasi bencana berbasis
ramah anak yang dapat diaplikasikan secara praktis; 3) terujinya aplikasi pengembangan edukasi bencana
yang ramah anak; dan 4) teranalisisnya pengembangan edukasi bencana berbasis ramah anak. Untuk
mencapai tujuan tersebut, dilaksanakan metode action research yang dilanjutkan dengan aksi/
implementasi. Hasil validasi ahli terhadap materi edukasi bencana, pada kajian instruksional dengan valiasi
4.3 dan kajian teknis 4.0. Pemahaman dan pengetahuan bencana pada subyek sebelum diberikannya edukasi
bencana sebesar 62% dan setelah perlakuan mencapai 90%. Terjadi peningkatan pada diri subyek terhadap
sikap peduli lingkungan. Respon dan tanggapan subyek terhadap materi edukasi bencana menunjukkan
adanya sikap dan repon positif: senang 97%, paham 90%, mengerti 90%, dan tertarik 95%. Materi edukasi
bencana berbasis ramah anak berhasil dikembangkan dan valid serta berkontribusi pada peningkatan
pengetahuan dan pemahaman materi bencana, juga memberikan materi kebencanaan sejak dini kepada anak.