Penerapan Metode E-Govqual untuk Mengevaluasi Kualitas Layanan Aplikasi E-Filing oleh Wajib Pajak
Abstract
Sejak keluarnya Instruksi Presiden No. 3 Tahun 2003, pemerintah Indonesia telah melakukan
beragam inovasi-inovasi e-Government selama kurang lebih lima belas tahun dengan berbagai
macam perubahan demi perubahan agar terbentuk negara yang semakin melek akan kemajuan
teknologi. Kementerian Keuangan merupakan kementerian yang terus melakukan terobosan
di bidang e-Government dengan menciptakan berbagai inovasi di bidang e-Government, salah
satunya adalah aplikasi Electronic Filing atau e-Filing yang digunakan untuk melakukan
pelaporan SPT Tahunan Pajak menjadi lebih mudah, singkat, dan efisien. Penelitian ini
bertujuan untuk menilai kualitas layanan e-Filing oleh para Wajib Pajak dengan
menggunakan metode e-Government Quality atau e-Govqual. Atribut-atribut di dalam empat
buah dimensi e-Govqual (efficiency, trust, reliability, dan citizen support) digunakan sebagai
variabel dalam penelitian ini. Metode Importance Performance Analysis (IPA) membantu e-
Govqual untuk mengukur tingkat kepentingan dan tingkat kinerja dari masing-masing atribut
e-Govqual dengan mengklasifikasikannya dalam kuadran-kuadran kartesius sehingga dapat
dilihat apakah kualitas layanan e-Filing sesuai dengan kebutuhan wajib pajak dan sesuai
dengan harapan wajib pajak. Nilai-nilai dalam IPA (concentrate here, keep up the good work,
low priority, dan possible overkill) akan menjadi nilai dari kualitas layanan e-Filing oleh
wajib pajak.