• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Metode Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Matematika, Kreativitas, dan Kejujuran Siswa

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (531.5Kb)
    Date
    2019-03
    Author
    Fatmasari, Lina Wahyu Sri
    Atitah, Siti
    Suntaryati, Fenni
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mind mapping dengan evaluasi pertanyaan terbuka terhadap hasil belajar matematika, kreativitas dan kejujuran siswa. Subyek dari penelitian ini adalah siswa SMP Muhammadiyah 5 Surakarta kelas VIII tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan desain posted only dan menggunakan dua kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan metode mind mapping dan kelas kontrol diberi perlakuan metode ekspositori. Kedua kelas ini memperoleh postest berupa evaluasi pertanyaan terbuka. Pengambilan kedua kelas tersebut menggunakan cluster random sampling. Metode tes pada penelitian ini berupa soal uraian terbuka yang digunakan untuk mengumpulkan data yang berkaitan dengan hasil belajar matematika dan kreativitas siswa. Metode angket berupa angket kejujuran siswa yang digunakan untuk mengumpulkan data berkaitan dengan kejujuran siswa. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji statistik independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Ada pengaruh signifikan antara metode pembelajaran pada kelas eksperimen dan kelas kontrol terhadap hasil belajar matematika dan kreativitas siswa. Metode mind mapping memberikan hasil belajar dan kreativitas siswa yang lebih baik daripada metode ekspositori yaitu masing-masing dengan selisih 2,053 dan 2,734. 2) Tidak ada pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran pada kelas eksperimen dan kelas kontrol terhadap kejujuran siswa.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/11042
    Collections
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV