Show simple item record

dc.contributor.authorFatmasari, Lina Wahyu Sri
dc.contributor.authorAtitah, Siti
dc.contributor.authorSuntaryati, Fenni
dc.date.accessioned2019-07-06T03:00:20Z
dc.date.available2019-07-06T03:00:20Z
dc.date.issued2019-03
dc.identifier.citationHapsari, Rt. T S. (2011). “Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivisme untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA”. Jurnal Pendidikan Penabur. Imanuddin, M C & U H N U Utomo. (2012). “Efektifitas Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika pada Siswa Kelas VIII”. Humanitas, Vol. IX, no. 1, hh. 63-74. Inayah, R . (2010). “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII A MTs Walisongo Pecangaan Jepara pada Materi Himpunan dalam Pemecahan Masalah Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping”. Skripsi : Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang. Jayanti, Emi dan Eka Agustina. (2016). “Efektivitas Penggunaan Mind Mapping terhadap Aktifitas dan Hasil Belajar Matematika”. Diunduh dari http://jurnal.stkippgri-sidoarjo.ac.id/index.php/jpm/article/view/313. Kurniawati, D D. (2010). “Pengaruh Metode Mind Mapping dan Kejujuran Siswa terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 5 Surakarta”. Skripsi : Universitas Muhammadiyah Surakarta. Noer, S H . (2011). “Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Open-Ended”. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 5, no. 1, hh. 104-111. Oksa, Silvia. (2016). “Efektivitas Metode Mind Mapping dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fotografi Pada Siswa Kelas X Multimedia di SMK Negeri 2 Sewon”. Skripsi : Universitas Negeri Yogyakarta. Siagian, Syahwina M. (2014). “Pengaruh Media Puzzle dan Molymod dengan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar dan Kreatifitas Siswa pada Materi Hidrokarbon”. Thesis : Universitas Negeri Medan. Siswono. (2004). "Mendorong Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah (Problem Posing)”. Universitas Udayana. Stacey, K. (2011). “The PISA View of Mathematical Literacy in Indonesia”. IndoMS. J.M.E., Vol. 2, no. 2, hh. 95-126. Widyaningsih, F A. (2015). “Mind Mapping sebagai Alat Evaluasi untuk Mengetahui Kompleksitas dan Komprehensif Pemahaman Siswa dalam Materi Vertebrata Kelas XA SMA Santo Mikael Sleman”. Skripsi: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.id_ID
dc.identifier.issn2656-0615
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/11042
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mind mapping dengan evaluasi pertanyaan terbuka terhadap hasil belajar matematika, kreativitas dan kejujuran siswa. Subyek dari penelitian ini adalah siswa SMP Muhammadiyah 5 Surakarta kelas VIII tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan desain posted only dan menggunakan dua kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan metode mind mapping dan kelas kontrol diberi perlakuan metode ekspositori. Kedua kelas ini memperoleh postest berupa evaluasi pertanyaan terbuka. Pengambilan kedua kelas tersebut menggunakan cluster random sampling. Metode tes pada penelitian ini berupa soal uraian terbuka yang digunakan untuk mengumpulkan data yang berkaitan dengan hasil belajar matematika dan kreativitas siswa. Metode angket berupa angket kejujuran siswa yang digunakan untuk mengumpulkan data berkaitan dengan kejujuran siswa. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji statistik independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Ada pengaruh signifikan antara metode pembelajaran pada kelas eksperimen dan kelas kontrol terhadap hasil belajar matematika dan kreativitas siswa. Metode mind mapping memberikan hasil belajar dan kreativitas siswa yang lebih baik daripada metode ekspositori yaitu masing-masing dengan selisih 2,053 dan 2,734. 2) Tidak ada pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran pada kelas eksperimen dan kelas kontrol terhadap kejujuran siswa.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019id_ID
dc.titlePengaruh Metode Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Matematika, Kreativitas, dan Kejujuran Siswaid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record