Peningkatan Motivasi Belajar Siswa melalui Pembelajaran berdasarkan Masalah di Kelas X SMA Lab. School Pulau Arar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X di SMA Lab.
School Pulau Arar dengan menerapkan pembelajaran berdasarkan masalah. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain penelitian tindakan tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas X
SMA Lab. School Pulau Arar yang berjumlah 15 siswa. Analisis data kuantitatif dilakukan untuk
mengetahui hasil dan motivasi belajar siswa, data mengenai hasil belajar dianalisis dengan cara
menghitung rata-rata nilai dan ketuntasan belajar baik secara indivisual maupun klasikal sedangkan
untuk mengetahui motivasi belajar data dihitung jumlah skor tiap butir berdasarkan pedoman penskoran
yang telah dibuat yang selanjutnya dipersentase dan dikategorikan berdasarkan kualifikasi hasil angket
yang telah dibuat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan pembelajaran
berdasarkan masalah dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang pada akhirnya dapat
meningkatkan pemahaman siswa di kelas X SMA Lab. School Pulau Arar Kab. Sorong, Papua Barat.