Manajemen Penerapan Kurikulum (Bela Negara dan Kemaritiman) di SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur
View/ Open
Date
2019-01Author
Mala, Maulida Nuril
Wirahayu, Yuswanti Ariani
Yana, Yuli
Metadata
Show full item recordAbstract
Penerapan kurikulum 2013 revisi merupakan salah satu upaya yang digalangkan untuk
membangkitkan jiwa maritim. Melalui penerapan kurikulum tersebut diharapkan terwujudnya kembali
negara bahari yang sempat teralihkan menjadi negara agraris. Pendidikan kemaritiman untuk
mendukung penguatan kembali budaya dan potensi sangatlah penting. Ilmu pengetahuan merupakan
manivestasi investasi jangka panjang yang dapat mengangkat citra sebagai bangsa bahari. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan dan hambatan penerapan kurikulum Bela Negara
dan kemaritiman di SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur. Penelitian yang dilakukan dalam penulisan
ini menggunakan metode diskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penerapan kurikulum di SMAN
Taruna Nala Jawa Timur dijalankan secara beriringan, yaitu kurikulum 2013 revisi, kurikulum
kemaritiman dan kurikulum bela negara. Kurikulum 2013 diterapkan dalam pembelajaran umum
seperti SMA pada umumnya. Menurut hasil wawancara penerapan kurikulum sudah sangat efektif
meskipun baru diterapkan selama dua tahun, alasan yang mendasari berjalanya secara efektif dan
sesuai dengan rencana ialah penerapan tugas sesuai dengan tugasnya, seperti penerapan kurikulum
bela negara dan kemaritiman langsung dilaksanakan oleh staf ahli kurikulum khusus.