Show simple item record

dc.contributor.authorMala, Maulida Nuril
dc.contributor.authorWirahayu, Yuswanti Ariani
dc.contributor.authorYana, Yuli
dc.date.accessioned2019-07-24T12:57:53Z
dc.date.available2019-07-24T12:57:53Z
dc.date.issued2019-01
dc.identifier.citationMargono, S., 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta. Muhajir, H. Noeng, 2005. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Edisi IV, Yogyakarta: Rakesarasin. Moleong, Lexy J., 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Lubis, Amri Yusuf. "Pelaksanaan Manajemen Kurikulum Pada SMA Negeri 1 Buengcala Kabupaten Aceh Besar." Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah 3.1 (2015). Simangunsong, Bonar, 2015. Laut, Masa Dxepan Indonesia. Gematama Draft kurikulum SMAN Taruna Nala Jawa Timur. Kota Malang : 2018 Jati, Panggah Wasita “Implementasi Kurikulum Khusus di SMA Taruna Nusantara Kabupaten Magelang” Jurnal Hanata Widya 86 (2017)id_ID
dc.identifier.isbn978-602-704-715-0
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/11185
dc.description.abstractPenerapan kurikulum 2013 revisi merupakan salah satu upaya yang digalangkan untuk membangkitkan jiwa maritim. Melalui penerapan kurikulum tersebut diharapkan terwujudnya kembali negara bahari yang sempat teralihkan menjadi negara agraris. Pendidikan kemaritiman untuk mendukung penguatan kembali budaya dan potensi sangatlah penting. Ilmu pengetahuan merupakan manivestasi investasi jangka panjang yang dapat mengangkat citra sebagai bangsa bahari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan dan hambatan penerapan kurikulum Bela Negara dan kemaritiman di SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur. Penelitian yang dilakukan dalam penulisan ini menggunakan metode diskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penerapan kurikulum di SMAN Taruna Nala Jawa Timur dijalankan secara beriringan, yaitu kurikulum 2013 revisi, kurikulum kemaritiman dan kurikulum bela negara. Kurikulum 2013 diterapkan dalam pembelajaran umum seperti SMA pada umumnya. Menurut hasil wawancara penerapan kurikulum sudah sangat efektif meskipun baru diterapkan selama dua tahun, alasan yang mendasari berjalanya secara efektif dan sesuai dengan rencana ialah penerapan tugas sesuai dengan tugasnya, seperti penerapan kurikulum bela negara dan kemaritiman langsung dilaksanakan oleh staf ahli kurikulum khusus.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019id_ID
dc.titleManajemen Penerapan Kurikulum (Bela Negara dan Kemaritiman) di SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timurid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record