Inovasi Pembelajaran Matematika berbasis Double Loop Learning: Menyiapkan Peserta Didik Berkarakter
Abstract
Inovasi model pembelajaran matematika berbasis double loop learning yang efektif
meningkatkan output pembelajaran. Pembelajaran matematika berbasis double loop learning,
dalam paradigma “peserta didik aktif mengkontruksi makna–guru sebagai fasilitator”. Guru
mempunyai peran sangat penting dalam mewujudkan pembelajaran matematika bermutu dan
menyiapkan peserta didik tangguh menjadi berkarakter. Pola pikirnya perubahan refleksi dan
aksi. Pola pikir pengelolaan pembelajaran matematika berbasis double loop learning dengan
perubahan refleksi dan aksi, yaitu menumbuh-kembangkan pribadi peserta didik menjadi pribadi
kemanusiaan. Berarti kinerja guru baik dalam pemikiran maupun aksinya yang cerdas,
diharapkan dapat menyiapkan peserta didik tangguh menjadi berkarakter. Pembelajaran
matematika berbasis double loop learning yang paling dominan, yaitu membina watak dan
membangun karakter anak bangsa. Dipundak guru yang kreatif-lah, tugas mulia ini akan
terwujud. Peserta didik mandiri dan berkarakter dampak dari pembelajaran matematika berbasis
double loop learning ini didasari oleh religius yang kuat, kepribadian jujur, tanggung jawab,
disiplin, kerja keras, sederhana, dan menghargai orang lain, serta mempunyai potensi cerdas,
kreatif, inovatif, dan berjiwa wirausaha.