Penerapan Materi Ajar Wacana Bahasa Indonesia berbasis Kontekstual untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Abstract
Penelitian ini mengkaji pentingnya materi ajar Wacana bahsaa Indonesia sebagai
sarana untuk memfasilitasi mahasiswa dalam pemahaman materi ajar: Wacana
bahasa Indonesia. Materi ajar yang baik merupakan salah satu komponen
penting dalam pembelajaran di Perguruan Tinggi. Kenyataan menunjukkan
bahwa materi ajar Wacana yang benar-benar sesuai dengan hakikat fungsi
bahasa dalam kurikulum dan sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran
kontekstual belum tersedia terutama untuk mahasiswa Pendididkan Bahasa dan
Sastra Indonesia (selanjutnya disingkat PBSI) di Perguruan Tinggi Se-Surakarta.
Oleh karena itu pengembangan materi ajar yang sesuai dengan tuntutan
kurikulum dan sesuai karakteristik mahasiswa PBSI di Perguruan Tinggi se-
Surakarta sangat diperlukan. Tulisan ini bertujuan untuk mengembangkan materi
ajar yang dapat digunakan oleh mahasiswa dan dosen dalam pembelajaran
Wacana bahasa Indonesia. Tulisan ini menggunakan metode pengembangan
dengan langkah-langjah mengkaji kurikulum, melakukan survey terhadap materi
ajar yang digunakan dan mengembangkan materi ajar sebagai prototipe dengan
karakteristik yang dibutuhkan. Hasil survey menunjukkan belum ada buku ajar
yang sesuai dengan kurikulum dan karakteristik mahasiswa PBSI di Perguruan
Tinggi se-Surakarta. Proses pengembangan menghasilkan draf materi ajar untuk
mahasiswa dan dosen. Hasil materi ajar wacana bahasa Indonesia yang diperoleh
dari tulisan ini adalah Penggunaan pendekatan kontekstual dilakukan dengan
menggunakan tujuh komponen. Konstruktivisme, questioning, inquiry, learning
community, modelling, refleksi, dan authentic assessment.