• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Teknik Sipil UMS
    • Seminar Nasional Teknik Sipil III 2013
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Teknik Sipil UMS
    • Seminar Nasional Teknik Sipil III 2013
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Erupsi Merapi 2010 terhadap Aspek Lingkungan dan Sosial: Studi Kasus di Sungai Code

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (1009.Kb)
    Date
    2013
    Author
    Ikhsan, Jazaul
    Iriawan, Danang
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pasca erupsi Gunung Merapi 2010, sedimen hasil letusan terendapkan di lereng gunung tersebut.Ketika terjadi hujan dengan intensitas tinggi, banjir lahar terjadi di sungai-sungai yang berhulu di lereng Merapi.Salah satu sungai yang sering mengalamai banjir lahar tersebut adalah Sungai Code.Banjir lahar telah memberikan dampak pada aspek lingkungan dan sosial.Oleh sebab itu diperlukan suatu kajian untuk mengetahui pengaruh lahar dingin terhadap aspek lingkungan dan sosial di Sungai Code, sebagai dasar pertimbangan dalam pengelolaan sedimen.Parameter yang digunakan untuk mengetahui kondisi lingkungan sungai adalah morfologi sungai, porositas sedimen permukaan dasar sungai dan angkutan sedimen.Metode Ronsgen digunakan untuk menentukan kondisi morfologi sungai.Untuk menghitung porositas sedimen permukaan dasar sungai digunakan persamaan yang diusulkan oleh Sulaiman.Persamaan Einstein digunakan untuk menghitung angkutan sedimen pada titik yang ditinjau. Untuk mengetahui dampak pada aspek sosial, ditinjau kerusakan lahan dan kegiatan penambangan pasir. Lokasi penelitian di Jembatan Sarjito, Jembatan Gondolayu, Jembatan Tungkak dan pertemuan Sungai Code-Opak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipe morfologi di Jembatan Sarjito, Jembatan Gondolayu, Jembantan Tungkak dan pertemuan Sungai Code-Opak secara berurutan adalah B5c, F5, F5dan F6. Nilai porositas sedimen permukaan dasar sungai adalah 15,61% di Jembatan Sarjito; 24,21% di Jembatan Gondolayu; 28,73% di Jembatan Tungkak dan 29,14% di pertemuan Sungai Code-Opak. Angkutan sedimen di Jembatan Sarjito, Jembatan Gondolayu, Jembatan Tungkak dan pertemuan Sungai Code-Opak adalah 0, 028; 6,28 ton/hari; 1,167 ton/hari dan 0,406 ton/hari. Kegiatan penambangan pasir yang paling aktif dilakukan di lokasi Jembatan Tungkak, dibandingkan dengan 3 lokasi yang lain. Sedangkan untuk kerusakan lahan karena banjir lahar terjadi pada pias Jembatan Tungkak dan pertemuan Sungai Code-Opak.Aplikasi teknologi yang bisa dilakukan untuk meminimalisir dampak negative sedimen adalah pembuatan bangunan pengontrol sedimen, pengerukan, perkuatan tebing dan penambangan pasir.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/11491
    Collections
    • Seminar Nasional Teknik Sipil III 2013

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV