Show simple item record

dc.contributor.authorFitriyah, Faizatul
dc.contributor.authorRiyanto, Agus
dc.contributor.authorSunarjono, Sri
dc.contributor.authorHarnaeni, Senja Rum
dc.date.accessioned2019-12-27T07:36:00Z
dc.date.available2019-12-27T07:36:00Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.citationAzwaningtyas, Nadhilah. 2017. Analisis Kerusakan Lapis Permukaan Jalan Dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) Serta Alternatif Solusi Penanganan (Studi Kasus: Ruas Jalan Raya Solo – Baki Grogol Sukoharjo) ASTM D6433-07.2011. Standard Practice for Roads and Parking Lots Pavement Condition Index Surveys. ASTM International. United States. Galih, Riski Tiara Wening. 2017. Analisis Kualitas Drainase Terhadap Kerusakan Perkerasan Lentur Berdasarkan Meode Pevement Condition Index (PCI) (Studi Kasus : Ruas Jalan Boyolali - Kartosuro). Linsley, kohler, paulhus. 1958. Metode Normal Ratio Method Martha, Joyce, Adidarma, Wanny. Normal Ratio Method Peraturan Menteri Pekerjaan Umum.2014.Nomor 12/PRT/M/2014 Tentang Penyelenggaraan Drainase Perkotaan. DepartemenPekerjaanUmum.2007.Faktor-Faktor Penyebab Kerusakan Jalan.Jakarta. Pamungkas, Oktarian Adam. 2017. Evaluasi Kualitas Drainase Terhadap Kerusakan Dini Perkerasan Lentur Berdasarkan Metode AASTHO 1993 (Studi Kasus : Ruas Jalan Prambanan – Piyungan KM 22 + 200 – KM 24 + 600 DI. Yogyakarta).Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta.Surakarta Shahin, M. Y. 1994. Pavement Management for Airports, Roads, and ParkingLots.Chapman & Hall. New York. Shahin,M.Y.2005.PavementManagementforAirports,Roads,andParkingLotsSecond Edition. Springer. United States. Sulistiyanto, Aan. 2012. Studi Pengaruh Genangan Air Terhadap Kerusakan Jalan Aspal dan Perencanaa Subdrain Untuk Ruas Jl. Rungkut Industri Raya, Jl. Rungkut Kidul Raya, Jl. Jemur Sari, Jl. Nginden Raya, Jl. Manyar Dan Jl. Mulyosari Raya. Fakultas Teknik Sipildan PerencanaanInstitut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Surabaya. Sunarjono, Sri. 2014. Pengaruh Penuaan Dan Lama Perendaman Terhadap Durabilitas Campuran Asphalt Concrete Wearing Course (Ac-Wc). Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Suswandi, dkk. 2008. Evaluasi Tingkat Kerusakan Jalan dengan Methode PavementConditionIndex(PCI)untukMenunjangPengambilanKeputusan(Studikasus:JalanLingkarSelatan,Y ogyakarta). ForumTeknikSipilNo. XVIII.Yogyakarta. S R Harnaeni, dkk. 2017. A preliminary study of mechanistic approach in pavement design to accommodate climate change effects. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (EES). Triatmodjo, Bambang. 2008. Annual Maximum Series Wasli.2008.Drainase Perkotaan. Graha Ilmu. Yogyakarta. Zulkarnain, Rifky Mela. 2014. Evaluasi Tingkat Kerusakan Perkerasan Jalan dengan Meode Pevement Condition Index (PCI) (Studi Kasus : Jl. M.H. Thamrin, Jember).Fakultas Teknik Universitas Jember.Jember.id_ID
dc.identifier.issn2686-4274
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/11700
dc.description.abstractJalan raya Tanjung Anom – Daleman mengalami kerusakan di beberapa titik, sehingga tidak memberikan pelayanan yang mantap bagi masyarakat. Dikarenakan Indonesia beriklim tropis dengan curah hujan umumnya tinggi, kemungkinan penyebab dominan kerusakan perkerasan jalan adalah pengaruh dari Air. Penelitian ini menggunakan metode PCI (Pavement Condition Index) untuk menganalisis kerusakan jalan dan metode analisis mempertimbangkan debit air hujan untuk menganalisis kualitas drainase. Data-data yang diperlukan dalam penelitian ini berupa data primer (Jenis kerusakan jalan, tingkat keparahan kerusakan jalan, dimensi kerusakan jalan, fasilitas drainase, kondisi drainase, karakteristik inlet time, dokumentasi jalan dan drainase) dan data sekunder (peta lokasi penelitian,geometrik jalan, curah hujan). Berdasarkan analisis keduanya diperoleh hasil untuk menentukan hubungan kualitas drainase terhadap kerusakan jalan pada ruas jalan yang ditinjau menggunakan microsoft excell 2007 yang didukung dengan dokumantasi dan hasil analisis dalam bentuk grafik. Kondisi jalan raya Tanjung Anom - Daleman mengalami kerusakan jalan akibat kualitas drainase yang tidak baik karena sumbatan oleh sampah, limbah pabrik dan tanaman serta karena saluran drainase hanya tersedia di salah satu sisi jalan. Berdasarkan hasil analisis kerusakan jalan dengan metode PCI didapat nilai PCI 17,27 – 36,60 (Serious – verry poor) dengan rata – rata 24,36 (Serious) dan debit limpasan didapat 0,01164 m3/dt – 0,01241 m3/dt dengan hasil rata – rata 0,01206 m3/dt, dengan karaktetistik inlet time 0-3 hari. Penyajian analisis melalui grafik hubungan karakteristik inlet time dan debit limpasan dengan nilai PCI menunjukkan semakin besar karakteristik inlet time dan debit limpasan semakin kecil nilai PCI. Pada grafik juga disajikan nilai kritis kerusakan yang menunjukkan nilai 24,36 dengan nilai debit limpasan maksimal 0,01206 m3/dt, sehingga diketahui jalan tidak sepenuhnya layak digunakan untuk prasarana transposrtasi.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Simposium Nasional Rekayasa Aplikasi Perancangan dan Industri XVIII 2019id_ID
dc.titleAnalisis Kualitas Drainase terhadap Kerusakan Perkerasan Jalan berdasarkan Metode Pavement Condition Index (PCI) (Studi Kasus: Jalan Raya Tanjung Anom - Daleman KM 0+000 - KM 3+150)id_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record