Show simple item record

dc.contributor.authorHidayat, Fazri
dc.contributor.authorSunarjono, Sri
dc.contributor.authorRiyanto, Agus
dc.contributor.authorHarnaeni, Senja Rum
dc.date.accessioned2020-01-02T04:31:26Z
dc.date.available2020-01-02T04:31:26Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.citationAbdurrohim Y., Setyawan A., Suryoto, 2017. Pembuatan Job Mix Formula Untuk Porus Aspal Dan Evaluasi Campuran Dari Penerapan Pada Jalan Lingkungan. e-Jurnal MATRIKS TEKNIK SIPIL Desember 2017, Universitas Negeri Sebelas Maret. Anonim. 2017. Panduan Penulisan Laporan Kerja Praktek, Usulan Tugas Akhir dan Laporan Tugas Akhir, Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta. Anonim. 2010. Spesifikasi Umum Divisi 6 Revisi 3. Jakarta: Direktorat Jendral Bina Marga. Anonim. 2016. Modul Praktikum Bahan Perkerasan. Surakarta: Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta. Arlina L., Saleh M., Anggraini R., 2018. Karakteristik Campuran Aspal Porus Dengan Subtitusi Gondorukem Pada Aspal Penetrasi 60/70, Jurnal Teknik Sipil vol.1 No.3, Universitas Syiah Kuala. Bina Marga, 2010. Spesifikasi Umum. Direktorat Jendral Bina Marga. Departemen Pekerjaan Umum. Cabrera, J.G. & Hamzah, M.O., 1994, Aggregate Grading Design for Porous Asphalt. In Cabrera, J.G. & Dixon, J.R. (eds), Performance and Durability of Bituminous Materials, Proceding of Symposium, University of Leeds, March 1994, London. Craus, J., Ishai, I., and Sides, A., 1981. Durability of Bituminous Paving Mixtures as Related to Filler Type and Propertis Proceedings Association of Asphalt Paving Technologists, Technical sessions, February 16,17 and 18, Volume. 50, San Diego, California. Djumari & Sarwono. D. 2009. Perencanaan Gradasi Aspal Porus Menggunakan Material Lokal Dengan Metode Pemampatan Kering. Surakarta: Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret. Gumilang D., 2017. Analisis Dampak Rendaman Air Tawar Terhadap Durabilitas Dan Properties Marshall Pada Campuran Asphalt Concrete – Binder Course (AC-BC). Surakarta : Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta. Hardiman. 2004. Peran Gradasi dan Bahan Pengikat dalam Perbaikan Sifat-Sifat Campuran Porus Aspal, Bandung : Simposium VII, Universitas Katolik Parahyangan. Jauhari, S.N., 2013. Karakteristik Marshall Pada Lapisan Perkerasan Aspal Berongga Menggunakan Batu Karang Dan Buton Natural Asphalt. Makasar : Jurusan Sipil Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin. Kementerian Pekerjaan Umum, 2010. Spesifikasi Umum 2010 Divisi 6 revisi 3 Perkerasan Aspal, Jakarta. Mabui D.S., Tjaronge M.W., Adisasmita S., 2018. Kinerja Mekanik Dan Durabilitas Campuran Aspal Porus yang Mengandung Aspal Alam Buton Dengan Limbah Plastik Sebagai Bahan Tambah. Makasar : Jurusan Sipil Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin. Norhafizah M., Ramadhansyah P., Amiera J., Nurfatin A. M., Norhidayah A. H., Mohd Rosli H., Che Norazman C. W., 2016. The Effect Of Coconut Shell On Engineering Properties Of Porous Asphalt Mixture. Journal Sciences & Engineering 78: 7–2 (2016) 127–132, Universiti Teknologi Malaysia, Malaysia. Nur Ali, 2010. Kajian Pemanfaatan Liquid Asbuton sebagai Bahan Pengikat Aspal Porous pada Lapis Permukaan Perkerasan Jalan. Nurlela dan Wibowo, 2017. Kajian Faktor-faktor Penyebab Kerusakan Dini Perkerasan Jalan Lentur Dan Pengaruhnya Terhadap Biaya Penanganan. Jurnal Infrastuktur. 3(1): 6. Ramadhan, G., 2018. Penyusunan Matriks Panduan Pemilihan Gradasi Agregat Aspal Porus Berbasis Pada Curah Hujan, Nilai Porositas dan Stabilitas. Surakarta : Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta. Setiyadi B., 2019. Kerusakan jalan di Jakarta di https://www.sindonews.com (di akses 20 Februari 2019). Setiawan, Angga D.A., 2014. Pengaruh Penuaan Dan Lama Perendaman Terhadap Durabilitas Campuran Asphalt Concrete Wearing Course (AC-WC). Surakarta : Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta. Setyawan & Sanusi. 2008. Observasi Properties Aspal Porus Berbagai Gradasi dengan Material Lokal. Surakarta : Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret. Specification for Porous Asphalt. 2008. Road Engineering Association of Malaysia (REAM) joint with Jabatan Kerja Raya Malaysia. Sukirman S, 1999. Perkerasan Lentur Jalan Raya. Bandung : Nova. Sukirman, S, 2003, Beton Aspal Campuran Panas, Bandung. Vaibhav & Pooja., 2018. A Research Paper on Porous Asphalt Pavement, International Journal of Trend in Scientific Reseach and Development (IJTSRD), Padmabhooshan Vasantraodada Patil Institute of Techology, India.id_ID
dc.identifier.issn2686-4274
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/11716
dc.description.abstractBerbagai hal yang menjadi faktor kerusakan konstruksi perkerasan jalan sangat banyak, salah satunya yaitu genangan air. Hal ini menggerakkan pikiran para ilmuan untuk mencari solusi bagaimana cara memudahkan air untuk mengalir langsung ke dalam tanah ataupun disalurkan ke selokan. Salah satu hasil penelitian yang sangat bagus untuk dilanjutkan yaitu inovasi aspal porus. Aspal porus merupakan inovasi perkerasan aspal terbaru yang didesain dengan rongga-rongga dalam campuran yang tinggi untuk mengalirkan air hujan di atas permukaan perkerasan jalan. Aspal porus sendiri belum banyak digunakan di indonesia dan sebenarnya sangat dibutuhkan, dikarenakan di indonesia memiliki debit hujan yang sangat tinggi, sehingga aspal porus dapat menjadi solusinya.Penelitian ini menggunakan tiga variasi porositas pad benda uji antara lain benda uji porositas 15%, benda uji porositas 25% dan benda uji porositas 30%. penelitian ini diharapkan sebagai metode pendekatan dalam membuat campuran aspal porus yang memenuhi poroitas serta kekuatan yang dibutuhkan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap durabilitas campuran aspal porus dengan benda uji porositas 15%, benda uji porositas 25% dan benda uji porositas 30% dengan lama rendaman 1 hari, 3 hari, 5 hari menyatakan bahwa stabilitas campuran aspal porus pada rendaman air suhu 25°C lebih tinggi dari campuran aspal porus pada rendaman air suhu 45°C, akan tetapi nilai durabilitas campuran aspal porus pada rendaman air suhu 25°C lebih kecil dari campuran aspal porus pada rendaman air suhu 45°C. Masing-masing benda uji pada campuran mengalami penurunan seiring bertambahnya lama rendaman. pada benda uji rendaman air suhu 45°C didapatkan hasil yang mengalami penurunan yang sangat signifikan pada semua benda uji, penurunan kekuatan terbanyak yaitu hampir mencapai 50% pada porositas 30% dalam durasi rendaman 1 hari. Hasil yang didapat bahwa semakin lama durasi perendaman maka terjadi penurunan yang semakin besar.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Simposium Nasional Rekayasa Aplikasi Perancangan dan Industri XVIII 2019id_ID
dc.titleAnalisis Variasi Tingkat Porositas terhadap Nilai Durabilitas pada Campuran Aspal Porusid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record