Analisis Kebutuhan Guru Sekolah Luar Biasa (SLB) terhadap Program Pendidikan Seksual bagi Siswa Tunarungu
View/ Open
Date
2019Author
Handayani, Endang Sri
Yamtinah, Sri
Kristiyanto, Agus
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang kebutuhan guru terhadap program pendidikan seksual bagi anak tunarungu di sekolah luar biasa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan subyek penelitian adalah guru SLB yang berjumlah 18 guru. Metode pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket. Angket yang digunakan dalam penelitian ini berupa pertanyaan terbuka yang diberikan kepada responden yang berisi tentang pengetahuan responden terhadap pendidikan seksual bagi anak berkebutuhan khusus, program pendidikan seksual yang ada di sekolah, pentingnya program pendidikan seksual bagi anak berkebutuhan khusus, pihak yang seharusnya memberikan pendidikan seksual bagi anak, program yang diperlukan untuk mengajarkan pendidikan seksual dan kebutuhan guru untuk mengajarkan pendidikan seksual bagi anak berkebutuhan khusus. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa guru membutuhkan pedoman program pendidikan seksual bagi anak tunarungu agar guru dapat memberikan pendidikan seksual yang tepat kepada anak sehingga anak memiliki pengetahuan agar terhindar dari penyimpangan perilaku seksual, kekerasan seksual dan dapat melindungi dirinya dengan baik.