Determinasi Strategi Markdown berbasis Clustering-Data Mining (Studi Kasus pada Usaha Salon di Yogyakarta)
View/ Open
Date
2020Author
Rizqi, Zakka Ugih
Khairunisa, Adinda
Puspitasari, Nindia Ayu
Metadata
Show full item recordAbstract
Perawatan tubuh merupakan salah satu kebutuhan bagi sebagian masyarakat saat ini yang
bertujuan untuk menjaga kesehatan serta penampilan. Salah satu caranya adalah dengan
melakukan peawatan pada salon. Di tengah persaingan harga pada gerai salon yang
kompetitif di Yogyakarta, maka dilakukan penelitian untuk menentukan strategi promosi
markdown berbasis clustering pada Qorinah Day Spa & Salon. Kriteria yang digunakan
dalam pengelompokkan meliputi usia, intensitas kunjungan, jenis pelayanan, dan waktu/durasi
pelayanan per kedatangan. Hasil penelitian yang diolah menggunakan perangkat lunak SPSS
menujukkan pengelompokkan pelanggan Qorinah Day Spa & Salon dibagi menjadi tiga
cluster, cluster-1 termasuk kelompok konsumen dengan target promosi yang paling potensial
sehingga diberikan strategi promosi berupa pemberian kartu member gold dan memperoleh
diskon 15% setiap transaksi. Cluster-2 termasuk kelompok konsumen dengan target promosi
yang kurang potensial sehingga diberikan pemberian kartu member bronze dan memperoleh
diskon 5% setiap transaksi. Cluster-3 termasuk kelompok konsumen dengan target promosi
yang cukup potensial sehingga diberikan pemberian kartu member silver dengan diskon 10%
setiap transaksi.