Adaptasi Aktifitas Anak terhadap Keterbatasan Ruang dalam Kawasan Studi Kasus: Dukuh Gumpang Lor
Abstract
Anak merupakan sebuah anugerah yang tidak ternilai bagi setiap orang
tua. Kelahiran seorang anak menjadi hal yang paling ditunggu dalam
sebuah keluarga. Setiap perkembangan dan pertumbuhan seorang anak
akan menjadi perhatian orang tua. Seorang anak merupakan potensi yang
sangat penting, generasi penerus masa depan bangsa, penentu kualitas
sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang akan menjadi pilar utama
pembangunan nasional, sehingga perlu ditingkatkan kualitasnya dan
mendapatkan perlindungan secara sungguh-sungguh dari semua elemen
masyarakat. Penelitian ini berusaha untuk menjabarkan isu-isu seputar
psikologis dan fisik anak-anak Indonesia di Desa Gumpang Lor kususnya
pada permasalahan pertumbuhan dan perkembangan pola dan prilaku
anak pada ruang gerak terbatas serta interaksi (feedback) mereka
terhadap lingkungan sekitar. Interaksi anak di luar ruangan dapat
berdampak positif dan negative pada psikologi dan kesehatan, serta
bentuk interaksi psikis yang bermanfaat terhadap lingkungan. Oleh karena
itu dibutuhkan ketersediaan lingkungan yang dapat menunjang
perkembangan anak secara efektif. Pemetaan terhadap area yang
memiliki lahan terbatas dibutuhkan untuk mempelajari pola aktifitas anak
dan pengelompokannya di dalam area ruang gerak terbatas. Hasil analisis
ini nantinya diharapkan dapat mendeskripsikan pola prilaku dan kegiatan
anak terhadap ruang gerak terbatas yang nantinya dapat dijadikan acuan
untuk pengembangan desain area sebagai kawasan ramah anak.