Profil Soal Ulangan Biologi SMA di Kecamatan Kartasura dari Perspektif HOTs
Abstract
Salah satu bentuk evaluasi pembelajaran yang dilakukan guru adalah ulangan dan semestinya terdapat komponen soal dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTs). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil ulangan Biologi SMA berdasarkan prespektif HOTs. Prespektif HOTS pada Taksonomi Bloom yaitu menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Subyek penelitian yang digunakan adalah naskah soal ulangan Biologi buatan guru kelas X SMA yang ada di Kecamatan Kartasura. Ada empat sekolah SMA di Kartasura, yaitu satu SMA negeri dan tiga SMA swasta. Soal diperoleh dari satu guru kelas X dari masing-masing sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Naskah soal ulangan selanjutnya diidentifikasi berdasarkan perspektif HOTs Taksonomi Bloom. Data hasil identifikasi dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa soal ulangan Biologi kelas X yang termasuk LOTs sebesar 62,58% (tinggi) dan soal yang muncul meliputi C1(34.58%), C2 (20.33%), C3 (7.68%), sedangkan soal ulangan yang termasuk HOTs sebesar 37.42% (rendah) dan soal yang muncul hanya C4. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan simpulan yang dapat diajukan adalah profil soal ulangan biologi SMA di Kecamatan Kartasura dari perspektif HOTs masih termasuk katagori rendah (37.43%).