Identifikasi Karakteristik Desain Sekolah Alam Indonesia Cipedak, Jakarta Selatan terhadap Pembentukan Karakter Anak Peduli Lingkungan
View/ Open
Date
2021-02Author
Sasri, Nisrina Dayita Anggoro
Nugrahaini, Fadhilla Tri
Metadata
Show full item recordAbstract
Kelestarian alam dan lingkungan bergantung kepada baik dan
buruknya sikap serta perilaku manusia. Oleh karena itu, pendidikan
sejak dini mengenai sikap peduli lingkungan merupakan hal yang
penting untuk menghasilkan generasi yang dapat memperbaiki dan
menjaga bumi lebih baik lagi. Sekolah Alam Indonesia Cipedak,
Jakarta Selatan merupakan sekolah alam pertama yang didirikan di
Indonesia. Sekolah ini memiliki metode pembelajaran yang
mendukung dalam pembentukan karakter peduli lingkungan. Selain
itu, jika dilihat dari segi desainnya, Sekolah Alam Indonesia
menerapkan konsep arsitektur ekologis. Hal tersebut sangat
menarik untuk diteliti, yaitu mengenai keterkaitan antara
karakteristik desain dengan pembentukan karakter anak peduli
lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif
kualitatif dengan pengumpulan data melalui studi literatur,
observasi, dokumentasi dan wawancara. Selain itu, akibat pandemi
yang membuat keterbatasan untuk mewawancarai beberapa guru,
sehingga data dilengkapi dengan kuisioner dan dijadikan sebagai
pendukung data berupa analisa secara kuantitatif yang
dideskripsikan. Hasil dari penelitian ini yaitu dapat mengetahui
karakteristik desain Sekolah Alam Indonesia yang turut memberikan
pengaruh dalam meningkatkan pembentukan karakter anak peduli
lingkungan.