Show simple item record

dc.contributor.authorSasri, Nisrina Dayita Anggoro
dc.contributor.authorNugrahaini, Fadhilla Tri
dc.date.accessioned2021-08-12T02:53:20Z
dc.date.available2021-08-12T02:53:20Z
dc.date.issued2021-02
dc.identifier.issn2721-8686
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/12582
dc.description.abstractKelestarian alam dan lingkungan bergantung kepada baik dan buruknya sikap serta perilaku manusia. Oleh karena itu, pendidikan sejak dini mengenai sikap peduli lingkungan merupakan hal yang penting untuk menghasilkan generasi yang dapat memperbaiki dan menjaga bumi lebih baik lagi. Sekolah Alam Indonesia Cipedak, Jakarta Selatan merupakan sekolah alam pertama yang didirikan di Indonesia. Sekolah ini memiliki metode pembelajaran yang mendukung dalam pembentukan karakter peduli lingkungan. Selain itu, jika dilihat dari segi desainnya, Sekolah Alam Indonesia menerapkan konsep arsitektur ekologis. Hal tersebut sangat menarik untuk diteliti, yaitu mengenai keterkaitan antara karakteristik desain dengan pembentukan karakter anak peduli lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui studi literatur, observasi, dokumentasi dan wawancara. Selain itu, akibat pandemi yang membuat keterbatasan untuk mewawancarai beberapa guru, sehingga data dilengkapi dengan kuisioner dan dijadikan sebagai pendukung data berupa analisa secara kuantitatif yang dideskripsikan. Hasil dari penelitian ini yaitu dapat mengetahui karakteristik desain Sekolah Alam Indonesia yang turut memberikan pengaruh dalam meningkatkan pembentukan karakter anak peduli lingkungan.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding (SIAR) Seminar Ilmiah Arsitektur 2021id_ID
dc.titleIdentifikasi Karakteristik Desain Sekolah Alam Indonesia Cipedak, Jakarta Selatan terhadap Pembentukan Karakter Anak Peduli Lingkunganid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record