MODEL CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DALAM PROGRAM PEMBERDAYAAN PETANI HORTIKULTURA
View/ Open
Date
2011-07Author
Soesilowati, Etty
Indriyanti, Dyah Rini
Widiyanto
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian bertujuan mengkaji model pemberdayaan petani hortikultura di Jawa
Tengah, aktor yang terlibat, kendala yang dihadapi, dampak yang ditimbulkan serta tingkat
efektivitasnya. Penelitian menggunakan dua pendekatan, yaitu pendekatan kualitatif serta
kuantitatif. Pada pendekatan kualitatif, data dianalisa dengan menggunakan model interaktif.
Sedangkan pendekatan kuantitatif dilakukan dengan menggunakan cost & benefit analisis.
Hasil penelitian menunjukan bahwa CSR dilakukan melalui pendampingan konsultan teknis
dengan menerapkan konsep ”one product one village”; institusi yang terlibat meliputi
BUMN, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Daerah, Pemerintahan Desa, Swasta maupun
masyarakat; kendala eksternal yang terjadi bersumber dari perbedaan kultur organisasi pemerintah
dan swasta serta keberadaan cuaca ekstrem, sedangkan kendala internal bersumber
dari tingkat pengetahuan petani; hasil perhitungan Benefit Cost Ratio, Return On Investment,
Payback Ratio menunjukkan bahwa penanaman komoditas holtikultura menguntungkan.