Integritas dan Keteladanan Pemimpin (Orang tua dan Guru) dalam Proses Pendidikan Karakter Siswa
Abstract
Pendidikan karakter kepada siswa di sekolah memunculkan fenomena
permasalahan tersendiri ketika para siswa merasakan adanya kesenjangan
antara apa yang diajarkan di bangku sekolah dengan realita kenyataan yang
terjadi. Ketiadaan teladan yang memberikan contoh yang konsisten dan
sesuai dengan yang diajarkan menjadikan salah satu penyebab
terhambatnya proses pendidikan karakter pada siswa siswi di Indonesia.
Penelitian dilakukan dengan pendekatan eksperimen kepada para
mahasiswa di perguruan tinggi, dengan memberikan variasi level kepedulian
pemimpin. Hasil penelitian membuktikan bahwa kepedulian seorang
pemimpin merupakan kunci penting dalam menampilkan prestasi atau
kinerja orang-orang yang dipimpinnya, termasuk dalam proses pendidikan
karakter. Kepedulian seorang pemimpin mencakup pula sisi integritas dan
keteladanan dalam berkata dan berbuat.