Show simple item record

dc.contributor.authorAmini, Soleh
dc.date.accessioned2012-06-04T04:18:02Z
dc.date.available2012-06-04T04:18:02Z
dc.date.issued2012-06-04
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/1506
dc.description.abstractMengajar dan presentasi adalah dua hal yang sama tetapi mengandung muatan yang berbeda. Siapapun yang melakukan proses pengajaran pasti melakukan presentasi. Tetapi kegiatan presentasi belum tentu mengandung muatan pembelajaran. Proses pembelajaran pada dasarnya adalah sebuah proses interaksi psikoakademik, sosioakademik, dan culturalacademik sehingga perlu dibangun hubungan yang berkeseimbangan antara ketiga unsur tersebut dalam interaksi pembelajaran. Suasana belajar yang sehat, menyenangkan dan menggembirakan hanya mungkin terwujut bila proses pembelajaran dilakukan dalam kerangka “proses pembelajaran aktive (active learning proces). Mengajar adalah merupakan rangkaian dari suatu proses komunikasi ilmiah yang terjadi antara guru dan murid. Dalam proses mengajar aspek kognitif menjadi main target atau target utama guna membentuk suatu pemahaman kuantitatif maupun kualitatif terhadap suatu satuan mata pelajaran tertentu. Sedangkan presentasi adalah proses tranmisi komunikasi dalam bentuk penyampaian suatu gagasan atau informasi-informasi tertentu di hadapan seseorang atau sejumlah orang (biasanya secara verbal), sehingga mewujud pengetahuan baru pada tujuan sasaran (target goal) nya. Kegiatan presentasi adalah aktifitas yang sangat berkaitan dengan masalah interaksi sosial. Oleh karena itu dalam melakukan presentasi (baik sebagai pengajar, trainer, pemasar dll) , seorang presenter harus memperhatikan masalah-masalah yang berkaitan dengan persoalan persepsi sosial. Inti kegiatan dari active learning adalah penciptaan suasana akademik pembelajaran yang aktive dengan pelibatan peserta belajar secara langsung dalam proses kegiatan belajar mengajar.en_US
dc.titlePresentasi Pembelajaran Model Active Learningen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record