dc.contributor.author | Minsih | |
dc.date.accessioned | 2012-06-25T04:55:27Z | |
dc.date.available | 2012-06-25T04:55:27Z | |
dc.date.issued | 2012-05 | |
dc.identifier.citation | Andyda Meliala, ( 2004 ). Anak ajaib, Temukan dan kembangkan keajaiban anak anda melalui kecerdasan majemuk, Yogakarta: Andi Offset Agus Efendi. (2005). Revolusi kecerdasan abad 21. Bandung: Alfabeta. Campbell, Linda. Et al. (2002). Melesatkan kecerdasan. Jakarta: Inisiasi Press. Coles, Robert. (2003). Menumbuhkan kecerdasan moral pada anak. Jakarta: Gramedia Pustaka. Gardner, Howard. (2003). Multiple Intelligences. Jakarta: Interaksara. Gordon, Thomas. (1996). Mengajar anak berdisiplin diri di rumah dan di sekolah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Hoerr, Thomas, R. (2007). Multiple intelligences. Bandung: Kaifa Julia Jasmine. (2007). Mengajar Berbasis Multiple Intelligences. Bandung: Nuansa. Miles, M.B., & Huberman, M.A. (1992). Analisis data qualitatif. (Terjemahan Tjejep Rohendi Rohidi). London: Sage Publication Ltd. (Buku asli diterbitkan tahun 1985). Moleong, Lexy J. (2000). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung : Remaja Rosda Karya. Ratna Megawangi, Rahma Dona, Florence Yulisinta, et al. (2004). Pendidikan yang patut dan menyenangkan . Jakarta: Indonesia Heritage Foundation | en_US |
dc.identifier.isbn | 978-979-636-138-0 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/1701 | |
dc.description.abstract | Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter di sekolah
dikembangkan melalui tiga pendekatan, yaitu : Inquiry-based learning
(pendekatan yang merangsang daya minat anak), Collaborative dan Cooperative
Learning, dan integrated learning. Pengembangan kecerdasan di sekolah
mengacu pada konsep multiple intelegences (kecerdasan majemuk), artinya selain
kecerdasan akademik yang dikembangkan, pihak sekolah juga mengembangkan
kecerdasan-kecerdasan lainnya yang diyakini akan membantu siswa kelak dalam
menjalani kehidupan, antara lain : Kecerdasan Verbal-Bahasa, Kecerdasan
Kinestetik, Kecerdasan Gambar, Kecerdasan Musik, Kecerdasan Interpersonal,
Kecerdasan Intrapersonal, Kecerdasan Natural, Kecerdasan Logika-Matematika,
dan Kecerdasan Spritual. Pengembangkan kemandirian melalui pendidikan
karakter berbasis kecerdasan majemuk berdasarkan potensi utama dan actual
yang dimiliki oleh siswa. Tiga kemandirian yang dikembangkan pada siswa di
sekolah, yaitu kemandirian belajar, kemandirian hidup, dan kemandirian
menentukan masa depan. | en_US |
dc.publisher | MUP UMS | en_US |
dc.subject | Kecerdasan Majemuk | en_US |
dc.subject | Karakter | en_US |
dc.subject | Kemandirian | en_US |
dc.title | PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KECERSASAN MEJEMUK DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN SISWA SD MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS KOTA SURAKARTA | en_US |
dc.type | Article | en_US |