Show simple item record

dc.contributor.authorMinsih
dc.date.accessioned2012-06-25T04:55:27Z
dc.date.available2012-06-25T04:55:27Z
dc.date.issued2012-05
dc.identifier.citationAndyda Meliala, ( 2004 ). Anak ajaib, Temukan dan kembangkan keajaiban anak anda melalui kecerdasan majemuk, Yogakarta: Andi Offset Agus Efendi. (2005). Revolusi kecerdasan abad 21. Bandung: Alfabeta. Campbell, Linda. Et al. (2002). Melesatkan kecerdasan. Jakarta: Inisiasi Press. Coles, Robert. (2003). Menumbuhkan kecerdasan moral pada anak. Jakarta: Gramedia Pustaka. Gardner, Howard. (2003). Multiple Intelligences. Jakarta: Interaksara. Gordon, Thomas. (1996). Mengajar anak berdisiplin diri di rumah dan di sekolah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Hoerr, Thomas, R. (2007). Multiple intelligences. Bandung: Kaifa Julia Jasmine. (2007). Mengajar Berbasis Multiple Intelligences. Bandung: Nuansa. Miles, M.B., & Huberman, M.A. (1992). Analisis data qualitatif. (Terjemahan Tjejep Rohendi Rohidi). London: Sage Publication Ltd. (Buku asli diterbitkan tahun 1985). Moleong, Lexy J. (2000). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung : Remaja Rosda Karya. Ratna Megawangi, Rahma Dona, Florence Yulisinta, et al. (2004). Pendidikan yang patut dan menyenangkan . Jakarta: Indonesia Heritage Foundationen_US
dc.identifier.isbn978-979-636-138-0
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/1701
dc.description.abstractHasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter di sekolah dikembangkan melalui tiga pendekatan, yaitu : Inquiry-based learning (pendekatan yang merangsang daya minat anak), Collaborative dan Cooperative Learning, dan integrated learning. Pengembangan kecerdasan di sekolah mengacu pada konsep multiple intelegences (kecerdasan majemuk), artinya selain kecerdasan akademik yang dikembangkan, pihak sekolah juga mengembangkan kecerdasan-kecerdasan lainnya yang diyakini akan membantu siswa kelak dalam menjalani kehidupan, antara lain : Kecerdasan Verbal-Bahasa, Kecerdasan Kinestetik, Kecerdasan Gambar, Kecerdasan Musik, Kecerdasan Interpersonal, Kecerdasan Intrapersonal, Kecerdasan Natural, Kecerdasan Logika-Matematika, dan Kecerdasan Spritual. Pengembangkan kemandirian melalui pendidikan karakter berbasis kecerdasan majemuk berdasarkan potensi utama dan actual yang dimiliki oleh siswa. Tiga kemandirian yang dikembangkan pada siswa di sekolah, yaitu kemandirian belajar, kemandirian hidup, dan kemandirian menentukan masa depan.en_US
dc.publisherMUP UMSen_US
dc.subjectKecerdasan Majemuken_US
dc.subjectKarakteren_US
dc.subjectKemandirianen_US
dc.titlePENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KECERSASAN MEJEMUK DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN SISWA SD MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS KOTA SURAKARTAen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record