PELATIHAN SOCIAL STORIES UNTUK MEMBENTUK PERILAKU ALTRUISME ANAK USIA DINI BAGI GURU PAUD
Abstract
Pendidikan karakter idealnya ditanamkan sejak anak berusia dini. Orangtua dan guru pendidikan
anak usia dini memiliki peran penting pembentukan karakter sejak usia dini. Salah satu karakter yang
seharusnya dimiliki adalah karakter altruisme. Pendidikan karakter altruisme dapat diberikan melalui social
stories. Social stories merupakan cerita pendek dalam konteks kehidupan sehari-hari yang memuat nilai ataupun
perilaku positif. Berdasarkan asesmen kebutuhan terhadap guru PAUD di Shelter Pengungsi Merapi Gondang 1
Cangkringan Sleman belum memiliki kemampuan memberikan social stories untuk membentuk perilaku
altruisme pada anak usia dini. Pelatihan social stories untuk membentuk perilaku altruisme diberikan kepada 4
guru PAUD. Kemampuan yang disasar adalah knowledge, menyusun social stories, dan delivery social stories.
Penelitian ini merupakan penelitian action research menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan
data menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan pelatihan dapat meningkatkan
kemampuan guru PAUD dalam memberikan social stories untuk membentuk perilaku altruisme anak usia dini.