PELATIHAN SOCIAL STORIES UNTUK MEMBENTUK PERILAKU ALTRUISME ANAK USIA DINI BAGI GURU PAUD
dc.contributor.author | Yuwanto, Listyo | |
dc.date.accessioned | 2012-07-24T04:14:34Z | |
dc.date.available | 2012-07-24T04:14:34Z | |
dc.date.issued | 2012-04-21 | |
dc.identifier.citation | Anton, O. A. (2011). Pengaruh social stories untuk meningkatkan perilaku menolong pada anak usia prasekolah. Skripsi, tidak diterbitkan, Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. Battistich, V., Schaps, E., Watson, M., Solomon, D., & Lewis, C. (2000). Effects of the child development project on students’ drug and other problem behaviors. Journal of Primary Prevention, 21,75-99. Crozier, S. & Sileo, N. M. (2005). Encouraging positive behavior with social stories. Teaching Exceptional Children, 37(6), 26-31. Myers, D. G. (2008). Social psychology. New York : McGraw-Hill International Edition. Richardson, R.C., Tolson, H., Huang, T.Y., & Lee, Y.S. (2009). Character education : Lessons for teaching social and emotional competence. Children & Schools, 31(2), 71-78. Sanchez, T.R. (2006). The man who could have been king : A storyteller’s guide for character education. Journal of Social Studies Research, 30(2), 3-9. Thiemann, K. S., Goldstein, H. (2001). Social stories, written text cues, and video feed back: Effects on social communication of children with autism. Journal of applied behavior analysis, 34(4), 425-446. Vicker. (2002). BBB Autism support network: Behavioral isues and the use of social stories. Diunduh dari http://www.bbbautism.com | en_US |
dc.identifier.isbn | 978-602-96633-0-3 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/1755 | |
dc.description.abstract | Pendidikan karakter idealnya ditanamkan sejak anak berusia dini. Orangtua dan guru pendidikan anak usia dini memiliki peran penting pembentukan karakter sejak usia dini. Salah satu karakter yang seharusnya dimiliki adalah karakter altruisme. Pendidikan karakter altruisme dapat diberikan melalui social stories. Social stories merupakan cerita pendek dalam konteks kehidupan sehari-hari yang memuat nilai ataupun perilaku positif. Berdasarkan asesmen kebutuhan terhadap guru PAUD di Shelter Pengungsi Merapi Gondang 1 Cangkringan Sleman belum memiliki kemampuan memberikan social stories untuk membentuk perilaku altruisme pada anak usia dini. Pelatihan social stories untuk membentuk perilaku altruisme diberikan kepada 4 guru PAUD. Kemampuan yang disasar adalah knowledge, menyusun social stories, dan delivery social stories. Penelitian ini merupakan penelitian action research menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan pelatihan dapat meningkatkan kemampuan guru PAUD dalam memberikan social stories untuk membentuk perilaku altruisme anak usia dini. | en_US |
dc.publisher | Fak Psikologi UMS | en_US |
dc.subject | social stories | en_US |
dc.subject | pendidikan karakter | en_US |
dc.subject | perilaku altruisme anak usia dini | en_US |
dc.title | PELATIHAN SOCIAL STORIES UNTUK MEMBENTUK PERILAKU ALTRUISME ANAK USIA DINI BAGI GURU PAUD | en_US |
dc.type | Article | en_US |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
Seminar Nasional Psikologi UMS 2012
Aplikasi Psikologi Islami dalam Pendidikan Karakter