Show simple item record

dc.contributor.authorMunawir, Hafidh
dc.contributor.authorSudjalwo
dc.contributor.authorJariah, Nur
dc.date.accessioned2012-08-13T06:39:21Z
dc.date.available2012-08-13T06:39:21Z
dc.date.issued2009-12-17
dc.identifier.citationAnonim, (2005), “10 Model Penelitian dan Pengolahannya dengan SPSS 10.01”, Kerjasama Wahana Komputer Semarang dan ANDI OFFSET Yogyakarta, Semarang Arikunto, Suharsimi, (1996), “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek”, edisi Revisi. Rineka Cipta, Jakarta Budiarto, Teguh, (1996), “Manajemen Pemasaran II”, Universitas Terbuka, Jakarta Hakim, Lukman, (2005), “Buku Pegangan Kuliah Manajemen Pemasaran”, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta Hargianti, Oktavia, (2004), ”Analisis Faktor-faktor Konsumen terhadap Perpindahan dengan Rantai Marcov”, Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta Kotler, Philip, (1997), ”Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol”, PT. Prehallindo, Jakarta Kotler, Philip dan Armstrong, (1997), ”Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid I”, Erlangga, Jakarta Kussifatun, (2006), ”Analisis Preferensi dan Kepuasan Konsumen serta Permalan Market Share Terhadap Jenis Merek Deterjen dengan Analisi Cluster dan Rantai Marcov”, Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta Nugroho, B.A., (2005), “Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS”, ANDI Yoyakarta, Yoyakarta Priyono, Edi, (2005), “Buku Perancangan Kuliah Sumber Daya Ekonomi”, FE, Universitas Muhammadiyah Surakarta Rahayu, Sri, (2005), “SPSS versi 12.00 dalam Riset Pemasaran”, CV. Alfabeta, Bandung Rangkuti, Freddy, (1999), “Riset Pemasaran”, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta Santoso, Singgih, (2002), “Buku Latihan SPSS Statistik Multivariat”, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta Santoso, S. dan Tjiptono, F. (2001), “Riset Pemasaran Konsep dan Aplikasi dengan SPSS”, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta Santoso, Singgih, (2001), ”Aplikasi Excel pada Marketing dan Riset Konsumen”, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta Siagian, P., (1987), “Penelitian Operasional, Teori dan Praktek”, Universitas Indonesia, Jakarta Singarimbun, M. dan Effendi, S., (1987), “Metodologi Penelitian Survei”, Lembaga Penelitian Pendidikan dan Penerapan Ekonomi dan Sosial, Yogyakarta Subagyo, Pangestu, Marwan Asri, dan Handoko Hani, (2000), “Dasar-dasar Operasional Research”, BPFE,Yogyakarta Taha, Hamdy A., (1997), ”Riset Operasi Suatu Pengantar”, Terjemahan Daniel Wiraja, Bina Rupa Aksara, Jakarta Tarliah, Tjuju dan Ahmad Dimyati, (1999), “Operation Research Model-model Pengambilan Keputusan”, Sinar Baru Algesindo, Bandung Tjiptono, Fandy, (2001), “Strategi Pemasaran Konsep dan Perkembangan”, Erlangga, Jakarta Umar, Husein, (2000), ”Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen”, JBRC, Jakartaen_US
dc.identifier.issn1412-9612
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/1894
dc.description.abstractToserba Swalayan MITRA Kartasura merupakan salah satu sarana bagi konsumen memperoleh produk yang mereka butuhkan, termasuk produk shampoo. Agar dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen, maka pihak swalayan perlu menetapkan strategi yang tepat agar konsumen tidak beralih ke swalayan yang lain sehingga memperoleh laba yang optimal. Salah satu caranya yaitu dengan mengetahui perilaku pembelian konsumen, khususnya kemungkinan adanya brand switching terhadap produk shampoo (yang terdapat bermacam-macam merek).Perilaku perpindahan ke merek lain oleh konsumen dapat mempengaruhi market share tiap-tiap merek shampoo. Untuk memprediksi market share tiap-tiap merek shampoo pada periode tertentu dapat menggunakan marcov chain analysis. Sedangkan, untuk mengelompokkan konsumen dan mengetahui karakteristik kelompok konsumen yang banyak menggunakan merek shampoo tertentu dapat menggunakan cluster analysis, yang didahului dengan mengetahui atribut yang lebih diprioritaskan konsumen dalam memilih satu merek shampoo berdasarkan indeks sikap. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa market share produk shampoo terbesar pada bulan November dan Desember 2006 adalah merek Sunsilk yaitu sebesar 23% dan 23,12%, serta untuk bulan Januari 2007 market share terbesar tetap dikuasai merek Sunsilk yaitu sebesar 23,05%. Atribut/faktor yang menjadi prioritas utama yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli shampoo adalah manfaat/hasil yang terdapat pada shampoo. Sedangkan kelompok konsumen yang paling dominan adalah konsumen yang berada pada cluster 4 yang merupakan konsumen golongan usia remaja dengan pendapatan rendah.en_US
dc.publisherFT-LPPM UMSen_US
dc.subjectmarcov analysisen_US
dc.subjectmerek shampooen_US
dc.subjecttoserbaen_US
dc.titleANALISIS BRAND SWITCHING UNTUK MEMPREDIKSI MARKET SHARE DAN SEGMENTASI TERHADAP JENIS MEREK SHAMPOO DENGAN MARCOV CHAIN DAN CLUSTER ANALYSIS (Studi Kasus: Toserba Swalayan MITRA Kartasura)en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record