dc.identifier.citation | Anonim. 2007. Pedoman Pembelajaran Persiapan Membaca dan Menulis melalui Permainan. Jakarta: Depdiknas Masjidi, Noviar. 2007. Agar Anak Suka Membaca. Yogyakarta: Media Insani Moleong, Lexy J. 2002. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya. Musbikin, Imam. 2006. Mendidik Anak Kreatif Ala Einstein. Yogyakarta: Mitra Pustska. Purwanto. 2007. Panduan Praktis Mengajar Berbasis Multiple Intellegence. Bandung: Nuansa. Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta : Bumi Aksara Silberman, Mel. 2002. Active Learning, 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Dicetak Bumimedia. Suparno, Paul. 2003. Guru Demokratis di Era Reformasi. Jakarta: Grasindo. Tim Fast Step. 2009. “Kontroversi Pengajaran Calistung di Taman Kanak-kanak “. Manajemen Playgroup dan TK Islam. http://www.tkfaststep.com/kontroversi.html Yulia, Sari. 2005. Membaca bagi Anak. Jakarta: Bumi Aksara. Purwanto. 2007. Panduan Praktis Mengajar Berbasis Multiple Intellegence. Bandung: Nuansa | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses mengajar membaca, menulis, dan
matematika untuk pemula dalam beberapa Grup Play Aisyiyah di Kartasura,
mengidentifikasi masalah yang dihadapi oleh para guru dalam mengajar tiga mata
pelajaran dan teknik dalam memecahkan masalah. Metode dilaksanakan oleh guru dalam
mengajar membaca, menulis, dan matematika untuk pemula bercerita, bertanya dan
menjawab, menugaskan, demonstation, lagu, dan diskusi. Masalah umum yang dihadapi
oleh para guru yang timbul motivasi siswa, pengetahuan terbatas pada metode mengajar
membaca, menulis, dan matematika untuk pemula, dan maximazing penggunaan media.
Dalam memecahkan masalah, sebagian besar teahers menggabungkan metode dengan
beberapa kegiatan seperti permainan, menyanyikan lagu-lagu, tangan bertepuk tangan,
dll guru juga menjelaskan prosedur jelas sebelum mengajar. Hasil menunjukkan bahwa
guru tidak cukup kreatif dalam menerapkan metode. Hal ini dapat diidentifikasi dari
motivasi siswa dalam belajar tiga mata pelajaran. Selain belajar karakteristik pembelajar,
guru harus belajar berbagai strategi mengajar membaca, menulis, dan matematika untuk
pemula. | en_US |