Show simple item record

dc.contributor.authorElinawati
dc.contributor.authorMarkhamah
dc.contributor.authorSabardila, Atiqa
dc.date.accessioned2012-09-07T18:01:26Z
dc.date.available2012-09-07T18:01:26Z
dc.date.issued2011-08
dc.identifier.citationArikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara. Azwar, Saifuddin. 2000. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Sigma Alpha. Kaunang, Revoltje. 2004. “Penerapan Analisis Butir Soal pada Uji Tes Mata Pelajaran PPKn Kelas 1 SMU Negeri 2 Kota Gorontalo”. http://e-journal.ung.ac.id/ ?View=entry&EntryID= 214. Diakses tanggal 9 November 2010 Pukul 19.00 WIB. Kurniasih, Herm Ratna. 2008. “Analisis Soal Ulangan Umum Matematika Kelas VIII Semester 1 SMPN 2 Gombong Kebumen”. Skripsi. Surakarta: UMS. Moelong, Lexi. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. Nurgiyantoro, 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Edisi ketiga. Yogyakarta: BPFE. Refdi Akmal. 2008. “Analisis Kualitas Naskah UAS dalam Bahasa Inggris II Politeknik Negeri Lampung Tahun 2006”. Jurnal Ilmiah Esai. Vol. 2. No. 1 Januari 2008. Sa’diah, Siti Dedeh. 2010. “Analisis Uji Validitas dan Reliabilitas Soal Ujian Akhir Sekolah IPS SMP Tahun Pelajaran 2008/2009 pada Dua Sekolah yang Berbeda Aksesibilitasnya di Sub Rayon 3 Kabupaten Cianjur”. Tesis. UNS: Surakarta. Samhati, Siti. 2006. “Studi Korelasional Penguasaan Tata Bahasa Kemampuan Logika dan Skemata dengan Pemahaman Bacaan Berbahasa Indonesia”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 4., No. 2 September 2006. ISSN. 1693-2463-163-17. Srijono, Djoko. 2001. “Validitas Ebtanas Bahasa Inggris”. Jurnal Varia Varidika Pendidikan. XIII No. 22 Juli. Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sudijono, Anas. 2007. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Edisi 7. Jakarta: Grafindo Persada. Sukardi. 2008. Evaluasi Pendidikan: Prinsip dan Operasional. Yogyakarta: Bumi Aksara. Sulastri, Sri . 2007. “Pengujian Validitas Teoritis dan Empiris Butir Soal UN IPA Materi Fisika SMP Berdasarkan Ranah Kognitif Bloom Studi Kasus Tahun Pelajaran 2007/2008. Tesis. http://fisika.uny.ac.id/pustaka. Diakses tanggal 9 November 2010. Pukul 19.00 WIB. Yuliyanto, Herry. 2006. “Analisis Soal Cerita pada Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Kontekstual Kelas VII Semester II SMP Muhammadiyah I”. Surakarta Tahun Pelajaran 2005 / 2006". Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.en_US
dc.identifier.issn1411-5190
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/2002
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk: (1) memaparkan pemetaan butir soal semester gasal mata pelajaran bahasa Indonesia terhadap Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar kelas VIII di SMPN 3 Colomadu, (2) mengidentifikasi validitas butir soal semester gasal mata pelajaran bahasa indonesia kelas VIII SMP Negeri 3 Colomadu, dan (3) memaparkan ketercapaian tujuan pembelajaran butir soal semeter gasal mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII SMPN 3 Colomadu. Penelitian ini berlokasi di SMPN 3 Colomadu Karanganyar. Bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif berkaitan dengan identifikasi terhadap soal ujian semester gasal kelas VIII mata pelajaran bahasa Indonesia. Sumber datanya berupa soal ujian, kunci jawaban, jadwal ujian, hasil wawancara, dokumentasi, dan observasi. Data penelitian berupa hasil ujian kelas VIII B. Teknik analisis data meliputi pengklasifikasian data, sintesis data, dan membuat simpulan dari data yang diperoleh. Data yang dikumpul dipetakan berdasarkan SK dan KD, validitas, serta ketercapaian tujuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa soal Ujian Semester Gasal (UAS) bahasa Indonesia kelas VIII SMPN 3 Colomadu memiliki kesesuaian dengan SK dan KD pada semester gasal. Akan tetapi, dalam persebaran soal, ada 39 butir soal memiliki relevansi langsung dengan kompetensi dalam SK dan KD dan 16 butir soal memiliki relevansi tidak langsung dengan kompetensi dalam SK dan KD. Berdasarkan penghitungan validitas pada signifikasi 5%, diketahui 17 butir soal valid dan 38 butir soal tidak valid. Dari ketercapaian tujuan pembelajaran terdapat 38 butir soal yang 17 butir soal yang belum tercapai. Yang dimaksud tercapai adalah hasil persentase ketercapaian tujuan pembelajaran berada di atas 60%. Yang dimaksud belum tercapai adalah hasil persentase ketercapaian berada di bawah 60%.en_US
dc.subjectpemetaan butir soalen_US
dc.subjectvaliditasen_US
dc.subjectketercapaian tujuan pembelajaranen_US
dc.titlePEMETAAN BUTIR SOAL DALAM KAITANNYA DENGAN KETERCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP NEGERI 3 COLOMADUen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record