dc.contributor.author | Elinawati | |
dc.contributor.author | Markhamah | |
dc.contributor.author | Sabardila, Atiqa | |
dc.date.accessioned | 2012-09-07T18:01:26Z | |
dc.date.available | 2012-09-07T18:01:26Z | |
dc.date.issued | 2011-08 | |
dc.identifier.citation | Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara. Azwar, Saifuddin. 2000. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Sigma Alpha. Kaunang, Revoltje. 2004. “Penerapan Analisis Butir Soal pada Uji Tes Mata Pelajaran PPKn Kelas 1 SMU Negeri 2 Kota Gorontalo”. http://e-journal.ung.ac.id/ ?View=entry&EntryID= 214. Diakses tanggal 9 November 2010 Pukul 19.00 WIB. Kurniasih, Herm Ratna. 2008. “Analisis Soal Ulangan Umum Matematika Kelas VIII Semester 1 SMPN 2 Gombong Kebumen”. Skripsi. Surakarta: UMS. Moelong, Lexi. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. Nurgiyantoro, 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Edisi ketiga. Yogyakarta: BPFE. Refdi Akmal. 2008. “Analisis Kualitas Naskah UAS dalam Bahasa Inggris II Politeknik Negeri Lampung Tahun 2006”. Jurnal Ilmiah Esai. Vol. 2. No. 1 Januari 2008. Sa’diah, Siti Dedeh. 2010. “Analisis Uji Validitas dan Reliabilitas Soal Ujian Akhir Sekolah IPS SMP Tahun Pelajaran 2008/2009 pada Dua Sekolah yang Berbeda Aksesibilitasnya di Sub Rayon 3 Kabupaten Cianjur”. Tesis. UNS: Surakarta. Samhati, Siti. 2006. “Studi Korelasional Penguasaan Tata Bahasa Kemampuan Logika dan Skemata dengan Pemahaman Bacaan Berbahasa Indonesia”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 4., No. 2 September 2006. ISSN. 1693-2463-163-17. Srijono, Djoko. 2001. “Validitas Ebtanas Bahasa Inggris”. Jurnal Varia Varidika Pendidikan. XIII No. 22 Juli. Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sudijono, Anas. 2007. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Edisi 7. Jakarta: Grafindo Persada. Sukardi. 2008. Evaluasi Pendidikan: Prinsip dan Operasional. Yogyakarta: Bumi Aksara. Sulastri, Sri . 2007. “Pengujian Validitas Teoritis dan Empiris Butir Soal UN IPA Materi Fisika SMP Berdasarkan Ranah Kognitif Bloom Studi Kasus Tahun Pelajaran 2007/2008. Tesis. http://fisika.uny.ac.id/pustaka. Diakses tanggal 9 November 2010. Pukul 19.00 WIB. Yuliyanto, Herry. 2006. “Analisis Soal Cerita pada Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Kontekstual Kelas VII Semester II SMP Muhammadiyah I”. Surakarta Tahun Pelajaran 2005 / 2006". Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. | en_US |
dc.identifier.issn | 1411-5190 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/2002 | |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) memaparkan pemetaan butir soal semester gasal
mata pelajaran bahasa Indonesia terhadap Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
kelas VIII di SMPN 3 Colomadu, (2) mengidentifikasi validitas butir soal semester gasal
mata pelajaran bahasa indonesia kelas VIII SMP Negeri 3 Colomadu, dan (3)
memaparkan ketercapaian tujuan pembelajaran butir soal semeter gasal mata pelajaran
bahasa Indonesia kelas VIII SMPN 3 Colomadu. Penelitian ini berlokasi di SMPN 3
Colomadu Karanganyar. Bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif
berkaitan dengan identifikasi terhadap soal ujian semester gasal kelas VIII mata
pelajaran bahasa Indonesia. Sumber datanya berupa soal ujian, kunci jawaban, jadwal
ujian, hasil wawancara, dokumentasi, dan observasi. Data penelitian berupa hasil ujian
kelas VIII B. Teknik analisis data meliputi pengklasifikasian data, sintesis data, dan
membuat simpulan dari data yang diperoleh. Data yang dikumpul dipetakan berdasarkan
SK dan KD, validitas, serta ketercapaian tujuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
soal Ujian Semester Gasal (UAS) bahasa Indonesia kelas VIII SMPN 3 Colomadu
memiliki kesesuaian dengan SK dan KD pada semester gasal. Akan tetapi, dalam
persebaran soal, ada 39 butir soal memiliki relevansi langsung dengan kompetensi dalam
SK dan KD dan 16 butir soal memiliki relevansi tidak langsung dengan kompetensi
dalam SK dan KD. Berdasarkan penghitungan validitas pada signifikasi 5%, diketahui
17 butir soal valid dan 38 butir soal tidak valid. Dari ketercapaian tujuan pembelajaran
terdapat 38 butir soal yang 17 butir soal yang belum tercapai. Yang dimaksud tercapai
adalah hasil persentase ketercapaian tujuan pembelajaran berada di atas 60%. Yang
dimaksud belum tercapai adalah hasil persentase ketercapaian berada di bawah 60%. | en_US |
dc.subject | pemetaan butir soal | en_US |
dc.subject | validitas | en_US |
dc.subject | ketercapaian tujuan pembelajaran | en_US |
dc.title | PEMETAAN BUTIR SOAL DALAM KAITANNYA DENGAN KETERCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP NEGERI 3 COLOMADU | en_US |
dc.type | Article | en_US |