Show simple item record

dc.contributor.authorFauziati, Endang
dc.date.accessioned2012-09-07T18:08:31Z
dc.date.available2012-09-07T18:08:31Z
dc.date.issued2011-08
dc.identifier.citationAdjemian, C. 1976. “On the Nature of Interlanguage System.” Language Learning. 26: 297— 320. Beebe, Leslie M. (Ed.) 1990. Issues in Second Language Acquisition: Multiple Perspectives. London: Newbury House. Corder, S. P. 1982. Error Analysis and Interlanguage. London: OUP. Corder, S. P. 1992. “A Role for Mother Tongue” In S. Gass and L. Selinker (Eds.) Language Transfer in Language Learning (18—31). Amsterdam: John Benjamin. Ellis, Rod, Helen Basturkmen, and Shawn Loewen. 2001. “Learner Uptake in Communicative ESL Lessons”. Language Learning. 281—318. Han, Zhaohong. 2004. Fossilization in Adult Second Language Acquisition. Toronto: Multilingual Matters. Han, Zhaohong. 2007. Five Central Issues of Fossilization. Toronto: SLRF Teachers College, Columbia University. James, Carl. 1998. Errors in Language Learning and Use: Exploring Error Analysis. London: Longman. Long, M. H. 1990. “The Role of the Linguistic Environment in Second Language Acquisition. In W.C. Titchie and T.K Bathia (Eds) Handbook of Second Language Acquisition. New York: Academic Press.Nemser, William. 1977. “Approximative System of Foreign Language Learners.” In Jack C. Richards (Ed.) 1977: 55—63. Saville-Troike, Muriel. 2006. Introducing Second Language Acquisition. Cambridge: C.U.P. Schachter. 1990. Linguistic Perspectives on Second Language Acquisition. Cambridge: C.U.P. 41— 67 Brooks, Nelson. 1964. Language and Language Learning and Teaching: Theory and Practice. Chicago: Rand McNally Selinker, Larry. 1977. “Interlanguage.” In Jack C. Richards (Ed.) Error Analysis: Perspectives on Second Language Acquisition. London: Longman. Selinker, Larry. 1997. Rediscovering Interlanguage. London: Longman. Towell, Richard and Rodger Howkin. 1994. Approaches to Second Language Acquisition. Clevedon, Avon: Multilingual Matter Ltd.en_US
dc.identifier.issn1411-5190
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/2003
dc.description.abstractPenelitian ini berkenaan dengan kesalahan interlanguage; khususnya, penelitian ini mencoba untuk menginvestigasi sifat dan perilaku kesalahan interlanguage. Untuk tujuan ini, studi empiris dilakukan, menggunakan mahasiswa Indonesia yang sedang belajar Bahasa Inggris sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan analisis kesalahan sebagai kerangka metodologis. Data penelitian berbentuk kalimat yang salah yang dikumpulkan dari komposisi mahasiswa sebelum dan setelah pemulihan kesalahan. Data dianalisis secara kualitatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa pemulihan kesalahan berkontribusi secara signifikan terhadap proses destabilisasi kesalahan. Kesalahan interlanguage berubah sifatnya sebagai akibat dari pemulihan kesalahan: pada periode tertentu beberapa kesalahan tertentu akan muncul dan sebagai akibat dari proses pemulihan, kesalahan berubah sifat. Beberapa kesalahan berfluktuasi, beberapa kesalahan lain stabil, sedangkan sisanya tidakstabil. Kesalahan baru kemungkinan akan muncul manakala pembelajar memasuki wilayah pembelajaran baru, dalam arti bahwa mereka menggunakan item kebahasaan yang baru.en_US
dc.subjectkesalahan interlanguageen_US
dc.subjectstabilisasien_US
dc.subjectdestabilisasien_US
dc.subjectanalisis kesalahanen_US
dc.titlePOLA PERILAKU KESALAHAN INTERLANGUAGEen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record