MODEL PEMBELAJARAN SOFT SKILL DI PERGURUAN TINGGI; UPAYA PENINGKATAN DAYA SERAP LULUSAN PADA DUNIA KERJA
Abstract
penting bagi para pengusaha pada industri kecil dalam mengembangkan kinerja
usahanya. Sampel penelitian adalah para pengusaha kecil yang berada di berbagai
kota/kabupaten di Jawa Tengah. Berbagai aspek skill yang teridentifikasi akan dijadikan
benchmark dalam penyusunan materi pembelajaran soft skill di perguruan tinggi.
Dalam penelitian ini skill dikaji dari sebelas aspek, sedangkan kinerja dikaji dari
lima aspek. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa berbagai aspek skill tersebut
mempunyai pengaruh yang berbeda terhadap berbagai aspek kinerjanya. Dari hasil
analisis regresi aspek-aspek skill terhadap berbagai aspek kinerja dapat diidentifikasi
berbagai aspek skill yang berperan bagi setiap orang untuk dapat bekerja dan
mengembangkan usahanya Bagi perguruan tinggi penting untuk memasukkan aspek
Communication skill, Team work skill, Problem solving skill, Initiative and enterprise skill,
Planning and organizing skill, Self awareness skill, Learning skill, Technology skill,
Inovasi, Bertindak proaktif dan Me-manage Resiko dalam kurikulum mata kuliah
kewirausahaan atau materi pelatihan mahasiswa. Dari penguasaan berbagai skill tersebut
diharapkan dapat membekali ketrampilan mahasiswa sehingga akan meningkatkan daya
serap lulusan pada dunia kerja.